Viral Bawang Putih Jadi Obat Virus Corona, Hoaks atau Fakta?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 28 Januari 2020 07:27
Viral Bawang Putih Jadi Obat Virus Corona, Hoaks atau Fakta?
Benarkah bawang putih bisa jadi obat untuk virus corona?

Virus Corona belakangan ini menjadi pemberitaan di seluruh dunia. Virus yang dikenal dengan istilah 2019-nCoV ini muncul pertama kali di Wuhan, China, pada akhir Desember 2019.

Sampai saat ini, virus corona telah menyebar hampir ke 14 negara dan menjangkiti ribuan orang. Puluhan orang dikabarkan telah meninggal dunia akibat virus ini.

Virus Corona memang belum ditemukan terjadi di Indonesia, namun mulai bermunculan pesan berantai di media sosial, khususnya WhatsApp Grup mengenai cara penyembuhan infeksi tersebut.

1 dari 3 halaman

Dilansir dari Liputan6 (27/01), terdapat sebuah pesan berantai yang mengungkapkan manfaat bawang putih untuk pengobatan virus, termasuk virus corona.

Ilustrasi Bawang Putih © Diadona

" Dokter zong yi dia udh kena virus selama 8 hari. Jadi, bawang putih dikupas kulitnya, trs bawang putih ny di rebus selama 3 menit.( Airnya 7 gelas ) Yang kena virusnya sekali minum 2 kali. Pas hari kedua udh agak mendingan sakitnya, serta keluarkan dahak hitam dan sudah tidak demam lg. Pas bsk harinya sudah kembali normal (sudah sembuh)"

Dalam pesan lain, tertulis: " Ini bawang putih yg besar ambil 8 biji, dikupas kulitnya ditaruh mangkok di tuang 7 gelas air mendidih selama 3 menit setelah itu di minum langsung 2 gelas, ternyata pasien yg kena Virus Corona sembuh di hari kedua/setelah malam minum air bawang putih ini!!!!!"

Namun, benarkah demikian?

2 dari 3 halaman

Seorang dokter spesialis paru, Faisal Yunus mengungkapkan, virus corona yang saat ini menyebar di dunia belum ada obatnya. " Infeksi virus tergantung dari daya tahan tubuh seseorang. Bila daya tahannya baik, bisa sembuh sendiri," ungkap Faisal, seperti melansir dari Liputan6 (27/01).

" Maka bila ada yang sembuh makan bawang putih, sembuhnya ini kemungkinan memang sembuh sendiri. Jadi bila tidak makan bawang putih pun dia bisa sembuh," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Selain itu, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, dr Wiendra Waworuntu juga angkat bicara mengenai hal ini. " Novel Coronavirus belum ada vaksin maupun obatnya. Jadi yang diobati adalah gejalanya, bukan langsung pada penyebabnya," ungkap dr Wiendra, Rabu (22/01) di Gedung Kemenkes, Jakarta.

Nah, jadi belum bisa dipastikan bahwa bawang putih bisa menjadi obat untuk virus corona. Yang perlu kita lakukan adalah tetap mengonsumsi makanan sehat dan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah tertular penyakit.

Beri Komentar