Top 8 Protein Nabati yang Sangat Menyehatkan

Reporter : Hevy Zil Umami
Selasa, 28 Januari 2020 07:00
Top 8 Protein Nabati yang Sangat Menyehatkan
Kali ini kita akan berbicara tentang makanan nabati dengan protein terbanyak. Pernahkah kamu berpikir tentang mencoba pola makan vegan, tetapi khawatir tidak mendapat protein yang cukup?

Protein dalam tanaman jauh lebih mudah didapat daripada yang kamu kira. Pola makan nabati telah tumbuh secara masif dalam popularitas selama sepuluh tahun terakhir dan kamu akan tahu mengapa, ketika kamu mencobanya. Dengan pengurangan besar lemak jenuh dan peningkatan protein nabati, banyak orang merasa lebih ringan, lebih sehat, dan lebih segar ketika mereka menambahkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam makanan mereka. Jadi, untuk memulai, inilah makanan nabati dengan protein terbanyak untuk ditambahkan ke dalam menu dietmu, bahkan jika kamu tidak sepenuhnya vegan.

1 dari 8 halaman

1. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau berprotein tinggi yang lezat dan sehat untuk kita. Pada hampir 10 gram terdapat 100 kalori, bayam adalah tambahan yang bagus untuk diet dan sangat mudah untuk diintegrasikan ke dalam makanan sehari-hari. Cukup tambahkan beberapa genggam ke smoothie pagimu dan kamu tidak akan merasakan rasa yang tidak enak. Rasanya benar-benar larut ke dalam kebaikan buah. Tambahkan beberapa genggam ke dalam wajan atau pengukus untuk membuat daunnya layu, beri sedikit lemon dan bumbu, dan kamu akan punya lauk yang enak. Ini mungkin terlihat seperti banyak, tetapi beberapa cangkir bayam layu hingga sekitar setengah cangkir jika dimasak, jadi jangan diintimidasi oleh tampilannya pada pandangan pertama. Bayam adalah salah satu makanan nabati paling enak dengan protein terbanyak.

2 dari 8 halaman

2. Buncis

Makanan penuh protein ini mengenyangkan, lezat, dan sangat murah. Kamu bisa mendapatkan kacang polong kalengan rendah garam. Setengah cangkir buncis akan memberimu sekitar 7 gram protein. Tambahkan ke dalam sup dan salad, panggang untuk camilan ringan dan renyah, atau campur mereka dengan tahini, lemon, minyak, dan bawang putih.

3 dari 8 halaman

3. Kinoa

Kinoa atau quinoa merupakan serealia semu yang menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indian di Pegunungan Andes, Amerika Selatan. Kinoa disebut serealia semu karena bijinya bukan dihasilkan dari tumbuhan suku padi-padian. Daunnya dapat dimakan pula, sebagaimana bayam.

Setiap cangkir memiliki sekitar 8 gram protein dan profil asam amino yang fantastis. Biji-bijian ini merupakan pengganti beras dan biji-bijian lainnya dalam makanan. Gunakan sebagai lauk halus dan isi atau tambahkan ke salad.

4 dari 8 halaman

4. Selai Kacang

Selai kacang adalah sesuatu yang umum tetapi bagus dalam hal protein nabati. Ada alasan mengapa kamu selalu merasa kenyang, puas, dan bahagia setelah makan sandwich selai kacang sewaktu kecil. Untuk setiap dua sendok teh kebaikan selai ini, kamu mendapatkan 8 gram protein. Kamu juga akan mendapatkan asam lemak Niacin dan Omega-6 dalam jumlah tinggi.

5 dari 8 halaman

5. Lentil

Legum kecil mungil ini dikemas dengan protein, besi, mangan, fosfor, seng, tembaga, dan folat. Setengah cangkir hanya mengandung sekitar 9 gram protein, dan ada beberapa varietas lentil jika satu jenis tidak sesuai dengan seleramu. Tambahkan secangkir lentil yang dibilas dengan baik ke sup dan nikmati peningkatan gizi yang kamu dapatkan dari sup. Kamu juga dapat menggunakannya untuk mengganti daging giling untuk membuat bolognese.

6 dari 8 halaman

6. Produk Kedelai (Tahu, Susu Kedelai, Tempe)

Kedelai adalah makanan pokok dalam banyak diet di seluruh dunia karena kandungan nutrisinya yang luar biasa. Satu porsi tahu memiliki 10 gram protein! Kacang serbaguna ini juga mudah diubah menjadi sederetan makanan lezat. Entah mengukus irisan tahu dan kemudian melapisi dengan saus lezat pilihanmu, atau tahu goreng atau tempe dengan sayuran untuk tumis tumis berprotein tinggi. Susu kedelai dan tahu sutra sangat enak ditambahkan ke smoothie yang lembut dan TVP membuat pengganti daging sapi yang luar biasa dalam makanan.

7 dari 8 halaman

7. Oatmeal


Secangkir oatmeal mengandung sekitar 10 gram protein dan banyak serat, menjadikannya makanan pengisi untuk memulai harimu. Kamu dapat menggunakan oat dengan beberapa cara. Tambahkan mereka ke smoothie untuk tekstur krim atau menggiling mereka dan menggunakannya sebagai tepung untuk memanggang atau sebagai pengganti tepung panir bebas gluten.

8 dari 8 halaman

8. Kacang Hitam

Kacang yang lezat dan mengandung protein ini, juga penuh dengan magnesium, tembaga, dan folat. Kacang hitam adalah tambahan yang bagus untuk setiap diet. Setengah cangkir mengandung 7 gram protein dan hampir 15 gram serat. Tambahkan kacang hitam ke dalam sup, burrito, casserole, dan salad untuk suguhan lezat dan bergizi.

Beri Komentar