Tips Memilih Sereal Untuk Sarapan, Bagus Bagi yang Menjalankan Diet

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 27 Januari 2020 11:50
Tips Memilih Sereal Untuk Sarapan, Bagus Bagi yang Menjalankan Diet
Meskipun praktis, tidak semua sereal dapat dijadikan pilihan sebagai sarapan sehat.

Seperti yang kita ketahui sebagai orang dewasa, banyak sereal yang kita nikmati saat anak-anak, apakah itu Fruit Loops atau Captain Crunch, penuh dengan gula dan karbohidrat olahan. Untungnya, ada banyak pilihan sereal yang bisa kamu nikmati untuk sarapan sehari-hari tanpa menguangkan terlalu banyak makanan manis.

Dikutip dari beberapa, ada beberapa macam sereal yang baik dijadikan pilihan sebagai sarapan sehat, selain itu juga sangat cocok untuk membantu kamu yang sedang menjalankan program diet. Apa sajakah sereal tersebut? Inilah sepuluh sereal sehat yamg dijadikan sebagai pilihan sarapan pagi.

1 dari 6 halaman

Cara Berbelanja Sereal Sehat

Secara alami yang harus kamu perhatikan pada label nutrisi adalah kategori karbohidrat. Menurut Bonnie Taub-Dix , RDN, pencipta BetterThanDieting.com dan penulis Read It Before You Eat It, Saat ini, diet populer banyak mengandung karbohidrat, jadi orang berpikir jika ini adalah jumlah yang tinggi, mereka seharusnya tidak memilikinya, tapi kamu perlu memikirkan ukuran porsi dan jenis karbohidrat.

2 dari 6 halaman

Carilah 100% Gandum

Jenis karbohidrat terbaik untuk sereal adalah biji-bijian — yang seharusnya menempati urutan pertama dalam daftar bahan. Carilah kata-kata seperti 100 persen gandum utuh, dedak gandum, atau varietas lain seperti gandum hitam.

Kamu tidak perlu membutuhkan satu ton lemak dalam sereal, karena makronutrien itu akan datang dari sumber lain sepanjang harimu. Tetapi jika kamu ingin membuat satu mangkok lebih kenyang, Taub-Dix menyarankan menambahkan beberapa kacang. Mereka menambahkan lemak sehat dan sedikit lebih renyah.

3 dari 6 halaman

Mengandung Lima Gram Serat per Sajian

Item utama lain yang harus diperhatikan adalah serat. Serat sangat penting untuk dicari dalam sereal, karena kita tidak mendapatkan cukup seperti itu dan sereal gandum adalah cara yang bagus untuk mendapatkannya di pagi hari. Pilih merek dengan setidaknya lima gram serat dalam setiap sajian, dengan campuran larut yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit, menstabilkan gula darah, dan menurunkan kolesterol, dan tidak larut.

Kristen Smith , RD, ahli diet yang berbasis di Atlanta, pendiri 360 Degree Family Nutrition dan juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietetics, mengatakan orang dewasa harus mendapatkan 25 hingga 30 gram serat per hari.

4 dari 6 halaman

Pilih Merk dengan Gula Lima gram atau Kurang per Sajian

Di sisi lain dari serat yang sangat dibutuhkan, kamu memiliki gula yang tidak perlu. Hal yang baik untuk diketahui adalah bahwa ketika ada banyak gula tambahan, juga akan ada jumlah karbohidrat yang tinggi, karena semakin dekat angka gula dengan angka karbohidrat pada label nutrisi, semakin banyak makanan manis dan lebih sedikit biji-bijian di dalam kotak. Jadi jaga gula tetap terkendali dengan memilih merek dengan sekitar lima gram gula kurang per sajian.

5 dari 6 halaman

Pastikan Mengandung Protein

Untuk mengambil mangkok dengan tiga hingga lima gram makronutrien pembentuk otot, perlu dibutuhkan semangkkk biji-bijian yang sehat, Untuk itu periksa daftar sereal sehat terbaik yang akan kamu konsumsi.

6 dari 6 halaman

Banyak Mengandung Vitamin dan Mineral

Tidak semua sereal mengandung vitamin dan mineral di dalamnya, kebanyakan sudah mengalami proses olahan yang begitu panjang sehingga menghilangkan nutrisi alaminya. Jadi, perhatikan saat membeli sereal, cek kemasan dan cari tahu label 'fortifikasi', yang artinya sereal tersebut telah sengaja ditambah dengan sejumlah vitamin dan mineral tertentu. Sebaiknya kamu pilih sereal sarapan yang sudah diperkaya tambahan kalsium, vitamin D, asam folat, dan vitamin C untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

Sudahkah serealmu mengandung beberapa hal di atas?

Beri Komentar