Tidur Pakai Bra Bisa Menyebabkan Kanker Payudara, Bener Nggak sih?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Rabu, 26 Februari 2020 15:00
Tidur Pakai Bra Bisa Menyebabkan Kanker Payudara, Bener Nggak sih?
Jadi nggak tenang deh, pakai atau enggak ya?

Tidur adalah waktu bagi kita untuk istirahat, nggak cuma mengikstirahatkan pikiran namun juga organ-organ tubuh lainnya.

Bagi wanita, sering kita mendengar mitos jika tidur menggunakan bra dapat memicu munculnya kanker payudara. Mitos tentang penyakit ini tentu cukup menyeramkan bagi kita. Terlebih bagi sebagian wanita yang memiliki ukuran payudara berisi, tidur tanpa menggunakan bra tentu membuat sedikit ketidak nyamanan.

Tapi coba kita kenali dulu, apa sih fungsi bra sebenarnya?

Pemakaian bra dapat membuat wanita lebih nyaman melakukan kegiatan yang membutuhkan banyak gerakan, olahraga misalnya. Bra akan membantu menopang payudara agar terlihat jenjang, tidak kendur dan berada di posisi yang tetap.

Meski begitu, banyak wanita yang mengeluh jika penggunaan bra ini membuatnya nggak nyaman atau bahkan sakit punggung.

1 dari 2 halaman

Jadi apa kita perlu menggunakan bra saat tidur?

Ilustrasi Wanita Bangun Tidur © Diadona

Dr. Rankin dalam independent.co.uk, menjelaskan jika menggunakan bra saat tidur dapat mempengaruhi kelenjar getah bening.
" Bra yang ketat dapat membatasi aliran getah bening yang ada di sekitar payudara dan ketiak. Payudara menghalangi fungsi vital sistem untuk membuang zat kotor yang tidak dibutuhkan oleh tubuh."

Meski begitu, hal itu nggak serta merta menjadi masalah yang besar. Sampai hari ini, nggak ada bukti medis yang membenarkan jika tidur menggunakan bra dapat menyebabkan wanita terkena kanker payudara. Karena kanker payudara adalah penyakit yang kompleks dan disebabkan karena berbagai faktor.

2 dari 2 halaman

via GIPHY

Tahu nggak sih, ternyata perasaan nggak nyaman akibat menggunakan bra bisa disebabkan karena ukuran yang kurang sesuai lho. Menurut penelitian, 80% wanita nyatanya masih salah dalam memilih ukuran bra yang sesuai.

Jadi mitos mengenai tidur menggunakan bra dapa menyebabkan kanker payudara sama sekali tidak terbukti kebenarannya ya.

Mulai sekarang jika kamu ingin tidur menggunakan bra, it's okay. Tapi kalu kamu merasa nggak nyaman atau bahkan sesak, tidak memakai pun boleh banget. Lakukan apa yang membuatmu nyaman ya, girls!

Beri Komentar