Tidak Memiliki Pasta Gigi? Gunakan Ini Sebagai Penggantinya

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Minggu, 26 Januari 2020 10:00
Tidak Memiliki Pasta Gigi? Gunakan Ini Sebagai Penggantinya
Tidak hanya pasta gigi, kamu bisa menggunakan bahan lain juga untuk membersihkan gigimu.

Menyikat gigi tiap hari tidak hanya berfungsi untuk membuat gigimu terasa bersih dan segar saja. American Dental Association merekomendasikan untuk menyikat gigi dua kali sehari, masing-masing dilakukan sekama 2 menit. Ketika kamu menyikat gigi dengan benar, maka kamu dapat menghilangkan plak dan bakteri yang berkumpul diantara gigi dan juga lidah.'

Tiap sikat gigi seharusnya hanya digunakan selama 3 hingga 4 bulan saja. Karena jika sikat gigi yang sama dipakai terus menerus maka bulu sikat dapat menjadi usang dan tidak membersihkan gigi secara baik. Lalu bagaimana dengan pasta gigi? Dilansir dari beberapa sumber, kamu dapat menyikat dan membersihkan gigi kamu dengan bahan lain selain pasta gigi. Simak yuk!

1 dari 3 halaman

Minyak kelapa

 

Ilustrasi Minyak Kelapa © Diadona


Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri, yang berarti menyerang penumpukan bakteri di mulut. Minyak kelapa ini juga bisa melarutkan plak, yang membuatnya dapat menjadi alternatif untuk pengganti pasta gigi. Tak hanya itu, minyak ini juga memerangi kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Meskipun kamu masih perlu menggunakan pasta gigi dalam menyikat gigi sehari-hari, menggunakan minyak kelapa secara teratur memiliki manfaat tersendiri. Minyak ini dapat berfungsi untuk " menarik minyak" atau menyikat gigi tanpa banyak risiko.

2 dari 3 halaman

Arang aktif

Arang aktif yang dimaksud bukanlah arang yang biasa kamu gunakan untuk membakar sate. Namun Arang aktif yang memang difungsikan untuk keperluan medis. Arang ini sendiri di buat dengan menggunakan gas tertentu sehingga terbentuk pori-pori besar yang mengandung mineral. Pori-pori yang terbentuk pada arang aktif ini akan mengikat kotoran-kotoran pada permukaan gigi. Menurut drg. Mark Wolf, seorang pakar kesehatan gigi dari New York University College of Dentistry di Amerika Serikat (AS), arang aktif sudah banyak digunakan untuk berbagai hal, terutama untuk menyerap kotoran atau racun.

Karena itu, membersihkan zat-zat kekuningan pada gigi akan jadi lebih mudah. Sekalinya arang aktif ini melekat pada gigi, arang aktif ini akan langsung bekerja. Arang aktif juga mengandung mineral yang bisa membantu membersihkan plak dan sisa makanan pada gigi. Meskipun begitu, terus membersihkan gigi dengan arang aktif ini tidak disarankan.

3 dari 3 halaman

Bubuk soda kue

Ilustrasi Baking Soda © Diadona


Banyak pasta gigi yang menambahkan soda kue ke dalam formula pasta giginya, hal ini karena soda kue dapat menjadikan gigi terlihat lebih putih. Soda kue memang berfungsi untuk membantu mengangkat noda dari gigi. Tidak hanya itu, soda kue juga efektif untuk menghilangkan plak.

Pasta soda kue adalah pilihan yang tepat jika kamu dalam keadaan darurat atau sedang kehabisan pasta gigi. Namun soda kue tidak mengandung fluor, jadi seiring waktu kamu dapat kehilangan manfaat perlindungan enamel dari bahan itu.

Proses menyikat gigi memang dapat sedikit berbeda dari waktu ke waktu, baik jenis sikat giginya ataupun pasta giginya. Tetapi yang pasti kamu harus tetap menyikat gigimu setiap hari.

Beri Komentar