Terobsesi Mencokelatkan Kulit, Akibatnya Telinga Wanita Ini Harus Diamputasi

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 2 Maret 2020 14:00
Terobsesi Mencokelatkan Kulit, Akibatnya Telinga Wanita Ini Harus Diamputasi
Tanning, yaitu istilah yang digunakan orang barat berkulit putih untuk mencokelatkan kulit.

Kita sebagai orang Indonesia kebanyakan pengin banget kulit putih. Tapi untuk orang barat berkulit putih pengin banget punya kulit cokelat. Bagi mereka, mempunyai kulit cokelat sangatlah eksotis dan seksi.

1 dari 3 halaman

Tanning

Untuk mendapatkan kulit cokelat, Tanning adalah istilahnya. Ada dua cara, yaitu dengan berjemur matahari langsung, ada juga dengan sunbeds (alat teknologi).

Sebagian orang lebih memilih untuk menggunakan sunbeds, karena penggunaannya dirasa lebih praktis. Seperti wanita asal Bolton yang bernama Anthea Smith ini. Dilansir dari Liputan6.com, sejak 14 tahun, dia sudah melakukan sunbeds, karena keinginan kuatnya memiliki kulit cokelat.

Merdeka.com memublikasikan sebelumnya bahwa sunbeds merupakan pembaringan khusus yang dilengkapi dengan alat pemancar ultraviolet di atasnya. Alat ini memang sudah umum digunakan oleh orang barat yang berkeinginan memiliki kulit cokelat seperti penduduk negara tropis.

Tapi sialnya, meskipun keinginan memiliki cokelat bisa terpenuhi dengan melakukan sunbeds, kalau keseringan bisa berdampak sangat buruk buat kesehatan.

2 dari 3 halaman

Melanoma atau Kanker Kulit

Seperti yang dialami oleh Anthea Smith, akibatnya dia harus kehilangan kuping gara-gara saking seringnya menggunakan sunbeds. Dia harus menerima kenyataan terkena melanoma, yaitu kanker kulit.

Pada tahun 2010, Anthea menyadari adanya bintik merah di bagian luar telinganya. Tapi, dokter dan dirinya sepakat menganggapnya sebagai kutil.

Namun lima tahun setelahnya yaitu 2015, yang dianggap sebagai kutil tersebut semakin besar dan semakin nampaknya semakin parah.

Kuping Anthea Smith © Diadona

Akhirnya, Anthea pun pergi ke dokter untuk diperiksa dan nyatakan mengidap melanoma stadium 3C.

Solusinya adalah bukan lain yaitu mengamputasi kuping tersebut. Untuk menutupinya, dokter bedah menggunakan kulit dari kaki kanan dan pinggulnya.

Kuping Anthea Smith © Diadona

3 dari 3 halaman

Emang mending bersyukur atas apa yang telah Tuhan berikan kepada kita, termasuk jika kita terlahir dengan kulit putih. Seperti pesan Kak Anthea Smith, yaitu jangan sampai orang lain hidup seperti apa yang dialami dirinya (baca: diamputasi kupingnya) hanya demi mendapatkan kulit berwarna cokelat.

Beri Komentar