Suka Ngunyah Es Batu? Hati-Hati, Ada yang Salah nih Sama Tubuhmu!

Reporter : Mila
Selasa, 28 April 2020 08:57
Suka Ngunyah Es Batu? Hati-Hati, Ada yang Salah nih Sama Tubuhmu!
Masih banyak makanan enak, kenapa malah makan es batu sih!

Minum yang dingin-dingin itu emang seger ya. Tapi apa kamu juga suka makan lalu mengunyah es batu pada minuman itu? Hati-hati lho, bisa jadi kamu mengidap gangguan kejiwaan.

Gangguan kejiwaan ini bukannya hal yang aneh lagi ya. Tapi jarang ada yang mengaitkannya dengan masalah kesehatan.

1 dari 2 halaman

Kenapa sih Doyan Ngunyahin Es Batu? © Diadona

Dinamakan dengan istilah bahasa Yunani, Pagophagia, yaitu pagos yang berarti beku dan phag? yang berarti memakan. Istilah ini dipakai untuk mereka yang suka memakan makanan dingin seperti es batu. Pagophagia merupakan bagian dari pica, yaitu gangguan psikologi untuk memakan makanan atau bahkan benda yang nggak bernutrisi.

2 dari 2 halaman

Kenapa sih Doyan Ngunyahin Es Batu? © Diadona

Beberapa penelitian menemukan bahwa Pagophagia erat kaitannya dengan penderita anemia. Hal tersebut juga dibuktikan lewat jurnal kesehatan oleh Youssef M. Osman dan dua temannya dengan judul 'CRAVING FOR ICE AND IRON-DEFICIENCY ANEMIA: A Case Series from Oman'.

Tapi dalam beberapa kasus, Pagophagia terjadi pada orang yang stres atau berada di bawah tekanan. Dalam kasus ini, mengunyah es batu dianggap sebagai pelampiasan untuk meringankan stres tersebut.

Hayo, jadi jangan anggap remeh ya untuk kamu yang suka nyemilin dan mengunyah es batu. Kalau dianggap sudah terlalu parah, nggak usah sungkan pergi ke dokter. Semoga sehat selalu! :)

Beri Komentar