Setop! Merokok Setelah Makan Ternyata 10 Kali Lebih Berbahaya, Hobi Banget Sih Motong Jatah Umur?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 3 April 2020 12:00
Setop! Merokok Setelah Makan Ternyata 10 Kali Lebih Berbahaya, Hobi Banget Sih Motong Jatah Umur?
Kurang-kurangin yang kayak begini deh ya.

Salah satu kebiasaan yang dianggap nikmat bagi para perokok adalah merokok sehabis makan. Ini udah kayak jadi kebiasaan yang lumrah banget, sehabis selesai makan udah langsung ambil roko "Sebat dulu, sebat.".

Beberapa teman saya yang perokok mengamini hal ini. Ketika saya bertanya kenapa, mereka pun nggak tau pasti apa penyebabnya. "Pokoknya enak aja gitu. Rokok jadi kayak ada manis-manisnya." Udah kayak teh botol aja, manis-manis gitu.

Meski rasanya enak, ternyata merokok setelah makan tuh 10x lebih berbahaya dibanding merokok biasa lho.

1 dari 2 halaman

ilustrasi wanita merokok © Diadona

Dilansir dari dailyhunt.in, sebuah penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Illorin di Nigeria menunjukkan bahwa merokok setelah makan 10 kali lebih berbahaya daripada merokok di waktu biasa.

Hal ini disebabkan karena setelah kita mengonsumsi makanan, tubuh akan bekerja untuk menyerap berbagai nutrisi yang dibutuhkan. Pada fase ini, sirkulasi darah akan secara aktif mendistribusikan nutrisi tersebut. Sayangnya, zat berbahaya dalam rokok juga akan berkontribusi pada distribusi nutrisi ke seluruh tubuh melalui sirkulasi darah sehingga racun dalam rokok juga akan menyebar ke seluruh tubuh.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Rokok © Diadona

Kalau udah begini, persebaran racun dari rokok ke seluruh tubuh nggak bisa dihindari lagi. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya kamu menunggu selama 20-25 menit dulu deh, sampai tubuh selesai menyerap nutrisi di tahap awal.

Tapi tetap aja, kalau bisa stop kebiasaan merokok deh. Rokok tuh udah bahaya, pakai di tambah merokok setelah makan lagi. Kayak gini nih emang kelakuan, hobi banget motong jatah umur. Ampun saya bang!

Beri Komentar