Setiap Hujan Turun Bawaannya Galau Mulu deh, Kenapa ya?

Reporter : Mila
Rabu, 6 Mei 2020 11:57
Setiap Hujan Turun Bawaannya Galau Mulu deh, Kenapa ya?
Ternyata ada penjelasan ilmiahnya, lho!

Pernahkah kamu galau tiba-tiba waktu hujan turun? Kalau iya, kamu nggak sendirian. Fenomena ini ternyata lazim terjadi dan memang punya kaitan dengan cuaca sekitar. Singkatnya, turunnya hujan memang bisa bikin seseorang menjadi galau.

The Pennsylvania State University, menyebutkan bahwa cuaca memengaruhi perilaku orang lain. Meskipun begitu, pengaruhnya berbeda-beda pada tiap individu. Untuk penjelasan lebih lengkapnya simak di bawah yuk!

1 dari 2 halaman

Kenapa Hujan Identik sama Galau © Diadona

Dalam jurnal Science, ditemukan bahwa mood atau suasana hati orang cenderung negatif waktu hujan turun.

Mereka biasanya merasa lebih gampang marah dan kurang bahagia. Penelitian pendukung lain juga menemukan bahwa hujan membuat orang-orang lebih sering menuliskan sesuatu yang negatif di media sosial.

2 dari 2 halaman

Kenapa Hujan Identik sama Galau © Diadona

Menurut Tecsia Evans, Ph.D., psikolog klinis di San Fransisco, hujan sebenarnya nggak secara langsung bikin suasana hati galau. Melainkan muncul dari keadaan sekitar.

Begini, hujan mungkin membuatmu pengin ada di kamar dan memakai selimut hangat, tapi hal ini malah membatasi cahaya yang masuk ke rumah. Padahal, sejumlah studi menemukan bahwa paparan cahaya ke tubuh bisa meningkatkan serotonin (senyawa yang menimbulkan rasa bahagia).

Turunnya hujan juga jadi penghalang kegiatan yang akan kamu lakukan. Misalnya keluar bertemu teman, berolahraga, dan sebagainya. Akibatnya, kamu jadi sedih dan lelah.

Kalau kamu merasa susah fokus dan konsentrasi, ini juga salah satu efek yang muncul akibat cuaca. Beberapa penelitian menemukan, tingginya kelembapan udara waktu hujan bisa memicu rasa kantuk dan menurunnya konsentrasi.

Selain itu, turunnya hujan membuat satu hari terasa pendek. Semua ini terjadi secara bersamaan dan menimbulkan kesan seolah hujanlah penyebab kegalauan.

Wow, masuk akal ya! Untuk meminimalisir rasa galau, kamu juga bisa kok melakukan aktivitas di rumah yang menyenangkan atau sekadar mengobrol bersama anggota keluarga lain. Semoga informasi ini membantu :)

Beri Komentar