Sering Lihat Penampakan Wajah pada Benda Mati, Normal Nggak sih?

Reporter : Mila
Rabu, 13 Mei 2020 07:57
Sering Lihat Penampakan Wajah pada Benda Mati, Normal Nggak sih?
Tenang aja, ini bukan fenomena gaib kok.

Coba kamu lihat ke arah langit sekarang. Terkadang awan terlihat menyerupai wajah atau bentuk lain setelah beberapa saat. Hal ini sering terjadi pada beberapa orang dalam beberapa situasi. Nggak jarang ada pula orang yang menghubungkan fenomena ini dengan dunia gaib.

Padahal fenomena ini bisa dijelaskan secara ilmiah lho, namanya pareidolia. Melansir dari RationalWiki, pareidolia merupakan fenomena mengenali pola, bentuk dan benda-benda yang sering ditemui, secara samar dan kadang acak. Singkatnya, pareidolia adalah hasil dari pemikiran manusia yang mencoba untuk mencari obyek yang masuk akal dan pernah ditemui sebelumnya.

Nggak heran ya kalau banyak orang yang mengaku pernah melihat penampakan aneh tapi kurang jelas kebenarannya.

1 dari 2 halaman

Pareidolia © Diadona

Sekarang coba deh kamu lihat gambar di atas, apakah kamu bisa melihat bentuk wajah?

Menurut para psikolog, pareidolia itu efek samping dari otak manusia yang terjadi karena salah satu area otak kita yang bekerja mengolah wajah sebenarnya, akan teraktivasi saat melihat pola wajah dalam kondisi acak atau random.

2 dari 2 halaman

Pareidolia © Diadona

Seperti yang dikatakan sebelumnya, pareidolia sering bisa dialami oleh siapapun dan dalam kondisi apapun. Jadi, hal ini normal dan kamu nggak perlu khawatir berlebihan. 

Pada dasarnya, otak manusia memang suka menemukan pola tertentu untuk mengurangi ketidakpastian dan membuat segala yang terjadi di lingkungan menjadi masuk akal. Unik ya?

Beri Komentar