Sering Jadi Pertanda Karakter Seseorang, Sebenernya Apa sih Unyeng-Unyeng Kepala Itu?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 1 Mei 2020 08:25
Sering Jadi Pertanda Karakter Seseorang, Sebenernya Apa sih Unyeng-Unyeng Kepala Itu?
Kamu punya berapa unyeng-unyeng guys?

Setiap manusia memiliki pusaran di rambut kepalanya. Sebagian besar dari kita menganggap unyeng-unyeng ini sebagai penanda ketika kita menyisir rambut. Namun ada banyak mitos mengenai hal ini. Salah satunya yang mengatakan jika anak memiliki dua unyeng-unyeng maka ia akan cenderung lebih nakal.

Pakar kesehatan menyebutkan jika nggak cuma manusia aja yang punya unyeng-unyeng, hewan juga punya lho. Dilansir dari berbagai sumber, kita simak fakta mengenai unyeng-unyeng berikut ini yuk!

1 dari 4 halaman

Titik Pusat Nyawa

Ilustrasi Rambut Kuat © Diadona

Dalam bahasa Jawa, unyeng-unyeng memiliki arti pusaran rambut kepala. Sebagian meyakini jika letak unyeng-unyeng merupakan pusat nyawa manusia. 
Namun sebagai keyakinan orang zaman dulu, tentu saja hal ini belum dapat dibuktikan kebenarannya.

2 dari 4 halaman

Berputar searah atau berlawanan jarum jam

unyeng-unyeng © Diadona


Menurut Dr Almar Klar menyebutkan jika ada kaitan genetik antara kecenderungan tangan mana yang aktif dengan putaran arah uneng-unyeng ini. Klar menemukan jika 8,4 persen orang yang aktif tangan kanannya dan 45 persen orang kidal memiliki unyeng-unyeng yang berlawanan dengan jarum jam. Namun penelitian ini masih menjadi perdebatan bagi pakar lainnya.
Unyeng-unyeng dalam bahasa Jawa memiliki arti pusaran rambut kepala. Sebagian lagi bahkan mengatakan jika unyeng-unyeng merupakan pusat nyawa manusia.

3 dari 4 halaman

Jumlah Unyeng-unyeng penentu kepribadian anak

ilustrasi anak marah © Diadona


Memiliki satu atau dua unyeng-unyeng dapat berarti berbeda. Jika seorang anak memiliki satu unyeng-unyeng, maka si anak dianggap kalem. Namun jika memiliki dua, maka ia dianggap nakal.

Padahal, menurut sebuah penelitian psikologi dengan 1000 responden. Masing-masing dari mereka dipetakan berdasarkan kenakalan anak-anak berpitak satu. Ternyata jumlah kenakalan responden anak berpitak satu juga lumayan lho. Hal ini menunjukkan jika unyeng-unyeng nggak menentukan karakter seorang anak.

4 dari 4 halaman

Meski ada berbagai mitos yang berkembang di masyarakat, sayangnya hingga saat ini masih belum ada penelitian yang pasti mengenai manfaat dari unyeng-unyeng yang ada di kepala. Tapi kalau menurut kamu, apa sih manfaat pusaran rambut ini?

Beri Komentar