Sering Dianggap Buruk, Stres Ternyata Baik untuk Performa Kerja

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 12 Februari 2020 15:51
Sering Dianggap Buruk, Stres Ternyata Baik untuk Performa Kerja
Hei, stres nggak buruk-buruk amat, kok!

Sering sering sekali dikait dengan keadaan buruk pada seseorang. Sehingga, banyak sekali pembahas cara mengatasi stres, mulai dari cara yang paling simpel bahkan sampai yang paling nyeleneh. Pokoknya, stres diharuskan cepat-cepat minggat dari diri kita.

Padahal, stres nggak buruk-buruk amat kok. Bahkan, stres bisa membuat performa kerjamu menjadi lebih baik. Hm, kok bisa?

 

1 dari 3 halaman

Reaksi Tubuh

Stres sering banget dikaitkan dengan gangguan mental, iya nggak? Padahal merunut Boldsky, stres hanyalah sebuah reaksi tubuh pada seseorang terhadap kondisi tertentu, entah itu ancaman, tekanan, atau sebuah perubahan.

Dengan kata lain, stres melepaskan gelombang hormon seperti adrenalin kortisol dan adrenalin. Adrenalin meningkatkan detak jantung kamu, tekanan darah, dan juga suplai energi, sementara kortisol meningkatkan gula darah.

 

2 dari 3 halaman

Meningkatkan kewaspadaan dan kesiapan diri

Ilustrasi perempuan bekerja © Diadona

Namun, perlu diingat bahwa hal tersebut merupakan respon alami oleh tubuh. Jadi, nggak ada hal buruk yang perlu dikhawatirkan. Bahkan bisa membuatmu lebih waspada dan siap menghadapi segala macam situasi.

Makanya, ketika kamu ada ujian akhir di perkuliahan misalnya atau menghadapi deadline pekerjaan, dan kamu merasa stres, kamu nggak perlu khawatir. Biarkan tubuh kamu merespons secara alami stres tersebut. Karena, kamu akan menjadi sangat fokus pada apa yang sedang kamu kerjakan karena terjadi pertumbuhan sel di pusat pembelajaran otak.

3 dari 3 halaman

Tapi kalau stres kamu berkelanjutan dalam jangka waktu yang panjang, itu namanya stres kronis, yang emang buruk untuk kesehatan tubuhmu.

Jadi, jangan berburuk sangka dulu ya sama 'stres'. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar