Sering Cek Handphone Padahal Gak Ada Notif Apa-Apa, Kurang Kerjaan atau Gimana?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 22 Maret 2020 05:50
Sering Cek Handphone Padahal Gak Ada Notif Apa-Apa, Kurang Kerjaan atau Gimana?
Hape teroooos! Nggak usah malu-malu, ngaku aja! Kalian suka kayak begini, kan?

Setiap hari, pasti kalian selalu memegang ponsel. Ya, benda ini kayaknya udah jadi barang wajib yang sudah harus ada di kehidupan sehari-hari kalian, bukan? Tanpa ponsel, hidup rasanya nggak asik... nggak deng.

Tapi, pasti ada nih di antara kalian yang dikit-dikit ngecek ponsel. Padahal, notif juga nggak ada. Cuma mau tanya aja nih, kamu lagi kurang kerjaan atau gimana?

1 dari 5 halaman

Tanda Kesepian

via GIPHY

Melansir dari Everyday Health, kalau menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Erik Peper, PhD, dan Richard Harvey, PhD, peneliti yang berasal dari San Fransisco State University's Institute, Holistic Healing Studies, orang yang sering ngecek ponsel adalah tanda dia 'kesepian'.

Orang-orang yang sering ngecek ponsel berarti mereka telah kecanduan untuk menggunakannya. Dengan alasan yang nggak penting-penting amat, di setiap kegiatan yang mereka lakukan, rasanya ada yang kurang kalau nggak mengecek ponsel atau bahkan sambil memainkannya.

Berdasarkan penelitian yang mereka lakukan kepada 135 siswa, hasilnya adalah kecanduan dengan ponsel merupakan tanda meningkatnya kesepian seseorang, begitu juga dengan kecemasan dan depresi.

2 dari 5 halaman

Peper mengatakan, para siswa yang sering banget menggunakan ponselnya padahal mereka sedang berada di lingkunan sosial (yang banyak orang) adalah orang yang paling 'kesepian'. Bayangkan, pernah nggak kamu melihat seseorang yang lagi makan di suatu rumah makan bersama teman-temannya, atau hanya sekadar nongkrong di sebuah kafe, tapi yang dia lakukan adalah dikit-dikit ngecek ponsel, tangan gatel untuk memainkannya.

Intinya, kalau kamu sering mengecek ponsel nggak jelas, selain tanda kamu itu kesepian, udah pasti kamu itu sudah 'kecanduan'.

3 dari 5 halaman

Kalau melansir dari Dailymail.co.uk, Dr. Ana Lembke, seorang psikiater dari Stanfor University menerangkan, ada beberapa perilaku yang bisa kamu perhatikan agar bisa mengetahui apakah seseorang (termasuk kamu) telah kecanduan ponsel.

via GIPHY

1. Niatnya Ngecek Ponsel Sebentar, Taunya Keterusan

Kamu pasti pernah nih kayak gini. Ngaku! Bangun tidur niatnya ngecek Twitter apa instagram sebentar (5 menit), tiba-tiba udah satu jam aja. Intinya, kamu udah nggak bisa ngontrol waktu kalau udah bermain ponsel.

2. Nggak Kenal Waktu dan Tempat

Di mana-mana dan kapanpun kamu main ponsel? Itu merupakan suatu pertanda. Lagi ngetir mobil, main ponsel. Lagi ngumpul sama teman yang seharusnya dihabiskan dengan saling ngobrol, malah main ponsel. Yah, yang kayak begitu deh.

3. Membiarkan Kegiatan yang Seharusnya Kamu Lakukan

Jadi misalnya kamu punya jadwal untuk mencucu baju pada pagi hari jam 8. Tapi karena kamu lagi keasikan main ponsel, kamu akhirnya membiarkan kegiatan yang seharusnya kamu lakukan itu dan akhirnya terlewatkan hanya gara-gara ponsel. Hmm, bermain udah jadi kegiatan wajib dari kegiatan lainnya rupanya.

4 dari 5 halaman

via GIPHY

4. Kalau Nggak Main Ponsel, Cemas

Seperti kecandugan narkoba, orang bakal cemas kalau nggak ngecek ponselnya. Nggak peduli pas lagi meeting atau bahkan lagi ngomong empat mata sama seseorang, mereka bakal tetap mengecek ponselnya.

5. Sampai Berpengaruh Buruk Hubungan Asmara

Kamu punya pacar dan pacar kamu suka bete? Coba dipikir-pikir lagi, kamu sering main ponsel nggak pas lagi nge-date sama dia? Kalau iya, ya jelas aja. Pacarmu itu kan jadi seakan nggak dianggap penting. Gimana si?

6. Ponsel Adalah Senjata di Situasi Nggak Nyamanmu

Banyak banget nih, pas lagi ada momen awkward di suatu lingkungan, mereka langsung ngambil hape dan menggunakannya sebagai tameng agar nggak awkward. Tapi jangan salah, ternyata ini tanda kamu udah kecanduan bermain ponsel, guys!

5 dari 5 halaman

Nah jadi udah tau ya, kenapa ada orang yang sering ngecek ponsel, nggak peduli teman dan waktu, ya padahal ngak ada notif-notif apa-apa. Kalau kamu adalah salah satu orang di antara mereka, coba deh kurangin. Nggak harus langsung, pelan-pelan aja.

Ya, semoga bermanfaat!

Beri Komentar