Rutin Minum Kopi Bisa Panjang Umur, Enak Bener Jadi Anak Indie Pecinta Senja

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 11 Maret 2020 10:50
Rutin Minum Kopi Bisa Panjang Umur, Enak Bener Jadi Anak Indie Pecinta Senja
Sudahkah kamu minum kopi hari ini?

Selamat Hari Kopi Nasional! Menyebarnya banyak kafe perkopian di setiap sudut kota membuktikan betapa cintanya masyarakat Indonesia terhadap kopi. Iya, nggak?

Untuk merayakannya, ada kabar baik untuk kamu yang gemar minum kopi nih! Tahu nggak kalau rajin minum kopi bisa bikin hidup kamu lebih lama? Ya, dilansir dari CNBC.com, kabar ini ternyata benar adanya.

1 dari 4 halaman

Para peneliti di National Cancer Institute (NCI) mengambil data sekitar setengah jiwa orang dewasa British. Para peserta diminta untuk diambil darahnnya dengan suka rela serta ditanyai dengan gaya hidup yang berhubungan dengan kesehatan.

Perkembangan selanjutnya mereka menanyai tentang apakah para peserta minum kopi, merokok, minum-minuman keras, bahkan sampai riwayat kesehatannya.

Peminum kopi ternyata ditemukan 10-15 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal dari mereka yang nggak minum kopi, berdasarkan satu dekade tindak lanjut pemeriksaan.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Perempuan Minum Kopi

Penelitian lain juga pernah dilakukan oleh para peneliti di University of Southampton. Mereka mengumpulkan data dampak kopi di seluruh aspek terhadap tubuh, yang kemudian telah diterbitkan di British Medical Journal.

Penelitian tersebut menemukan bahwa orang yang setidaknya minum tiga atau empat cangkir kopi setiap hari bisa mengurangi peluang kematian dini secara signifikan. Hal ini karena kopi mengurangi risiko penyakit jantung, diabtes, gagal ginjal, bahwa kanker.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Minum Kopi

Masih kurang? Dilansir dari Healthline, sebuah penelitian yang diterbitkan di The New England Journal of Medicine juga mengungkapkannya.

Penelitian tersebut menelitii sekitar 400 ribu orang yang berumur 50-71 tahun. Hasilnya, orang yang sering minum kopi lebih kecil kemungkinannya meninggal, selama masa penelitian 12-13 tahun.

Patokannya adalah dengan minum 4-5 cangkir kopi setiap hari, kemungkinan meninggal dini pada cowok menurun sekitar 12%, sedangkan 16% persen pada cewek. Untuk satu cangkir kopi saja, penurunan angka kematian dini bisa berkurang 5-6 persen.

4 dari 4 halaman

Meskipun penelitian tersebut menyatakan bahwa minum kopi bisa mengurangi angka kematian dini seseorang, namun tetap saja sebaiknya nggak mengonsumsinya berlebihan. Selama nggak mengonsumsinya berlebihan, perlu dicatat juga nggak ada yang perlu ditakuti dari mengonsumsi kopi.

Salam Hari Kopi Nasional, ya!

Beri Komentar