Rajin Makan Bawang Putih sampai Minum Rebusan Jahe agar Terhindar dari Virus Corona, Yang Bener?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 17 Maret 2020 07:18
Rajin Makan Bawang Putih sampai Minum Rebusan Jahe agar Terhindar dari Virus Corona, Yang Bener?
Emang beneran bisa?

Sejak merebaknya kabar virus corona di seluruh dunia bahkan sampai di Indonesia, banyak juga kabar simpang-siur yang beredar di masyarakat. Entah dari mulut ke mulut, bahkan dari satu media sosial ke media sosial lainnya. Salahnya satunya adalah tentang berbagai macam kabar tentang cara mencegah virus corona, bahkan sampai menyembuhkannya.

Indonesia ini terkenal dengan cara tradisionalnya untuk menyembuhkan segala macam penyakit. Bahkan, Covid-19 (sebutan penyakitnya) katanya bisa disembuhkan dan dicegah dengan pengobatan tradisonal, salah duanya adalah dengan mengonsumsi bawang putih dan rebusan jahe.

Tapi, emang benar? Mari kita cek dulu yuk!

1 dari 3 halaman

Bawang Putih Cegah Covid-19 Adalah Haoks

Faisal Yunus, seorang dokter spesialis paru-paru, mengatakan kepada Liputan6.com bahwa Covid-19 atau penyakit yang disebabkan oleh virus corona ini belum ada obatnya. Terinfeksi atau nggaknya seseorang dari virus tersebut tergantung daya tahan tubuh seseorang.

" Bila daya tahan baik, (maka) bisa sembuh sendiri. Maka bila ada yang sembuh (karena katanya) makan bawang putih, sembuhnya ini kemungkinan memang sembuh sendiri. Jadi, bila nggak makan bawah putih pun dia (seseorang dengan Covid-19) bisa sembuh," jelasnya.

Bahkan, World Health Organization (WHO) pun merespons kabar ini bahwa mengonsumsi bawang putih nggak bisa memantu seseorang untuk mencegah terkena atau nggak virus corona.

Pernyataan WHO © Diadona

Memang, bawang putih punya banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Tapi, nggak ada bukti yang bisa menyatakan bahwa bawang putih bisa melindungi dirikita dari virus corona.

2 dari 3 halaman

Lalu Bagaimana dengan Rebusah Jahe?

Sebenarnya nggak cuma jahe, temulawak dan rempah-rempah lain seperti kunyit juga dikatakan bisa mencegah seseorang dari virus corona.

Namun, ternyata menurut Syahrizal Syarif seorang pakar Epidemiologi Universitas Indonesia, obat herbal tersebut nggak tepat jika dikatakan dapat mencegah seseorang dari virus corona.

Emang, dia melanjutkan, rempah-rempah tersebut dapat meningkatkan daya tahan dan kebugaran tubuh. Tapi bukan berarti bisa mencegah masuknya virus corona.

" Untuk kekebalan sih oke. Tapi, jangan punya pandangan bahwa rempah-rempah bisa mencegah masuknya virus, khususnya Virus Corona," jelasnya kepada Liputan6.

3 dari 3 halaman

Jadi, sudah jelas ya guys, bawang putih dan rempah-rempah seperti jahe dan kunyit emang sangat bermanfaat untuk tubuh. Tapi, bukan berarti bisa mencegah seseorang dari virus corona. Emang sudah paling benar itu menjaga kebersihkan sebaik-baiknya dengan gaya hidup yang sehat juga.

Semoga bermanfaat!

Beri Komentar