Pusar Jadi Tempat Berkumpulnya Bakteri, Emang Perlu Seberapa Sering Dibersihin Sih?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 5 Mei 2020 16:25
Pusar Jadi Tempat Berkumpulnya Bakteri, Emang Perlu Seberapa Sering Dibersihin Sih?
Ini juga penting untuk dijaga kebersihannya lho.

Pusar merupakan bagian yang sering luput dari pandangan kita. Bisa jadi karena ukurannya yang kecil, akhirnya banyak yang lupa membersihkan pusar. Padahal jika pusar tidak dibersihkan, ini bisa jadi sarang bakteri lho.

Dalam pusar, berkumpul banyak hal mulai dari bakteri, keringat, sabun, kotoran, debu dan lainnya. Karena itu membersihkan pusar perlu dilakukan secara teratur dan dengan cara yang benar.

Dilansir dari Women's Health, sebuah penelitian di North Carolina State University mengungkapkan jika rata-rata dalam pusar terdapat 67 jenis bakteri. Oleh karena itu, pusar juga harus dibersihkan seperti bagian tubuh lainnya.

1 dari 1 halaman

ilustrasi pusar © Diadona

Untuk membersihkan pusar dengan baik dan benar, menurut Alexandria V. Booth, M.D, ahli kulit dari HealthCare Partners menjelaskan bahwa pusar bisa dibersihkan secara teratur saat mandi, yaitu dengan dibasuh menggunakan air.

Kalau lubang pusar kamu cukup dalam, kamu juga harus membersihkannya seminggu sekali menggunakan cotton bud dengan sabun dan air. Sedangkan yang memiliki pusar menonjol keluar atau bodong, membersihkannya saat mandi saja sudah cukup kok.

Jangan jorok ya, nanti pusarmu jadi tempat bersarangnya bakteri lho!

Beri Komentar