Puasa Ternyata Bisa Jadi Tameng dari Virus Corona! Yakin Masih Mau Skip?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 29 April 2020 08:27
Puasa Ternyata Bisa Jadi Tameng dari Virus Corona! Yakin Masih Mau Skip?
Kalo bisa tangkal corona, yakin kamu masih mau skip puasa?

Ramadan telah tiba, dan itu tandanya umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Menahan makan dan minum sejak matahari terbit hingga terbenam, dan juga menjalankan segala ibadah amaliyah yang bermanfaat.

Ngomong-ngomong tentang puasa, puasa di bulan Ramadan kali ini agak sedikit berbeda. Ya, saat ini tengah terjadi pandemi virus corona, yang mana pemerintah pun menyarankan masyarakatnya untuk melakukan segala macam ibadah di rumah saja.

Tapi, di bulan ramadan ini, justri itu hikmah. Soalnya, ternyata puasa bisa jadi menangkal virus corona lho!

1 dari 4 halaman

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Ilustrasi Puasa Ramadan © Diadona

Melansir dari Liputan6.com, hal ini dikarenakan puasa dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Pernyataan ini dibenarkan langsung oleh R. Dwi Budiningsari, seorang Ahli Gizi Universitas Gadjah Mada.

Kalau ada yang bilang puasa justru meningkatkan risiko tertularnya covid-19, itu tidak benar. “ Sejumlah penelitian menyebutkan berpuasa dapat meningkatkan imunitas. Sebaliknya, belum ada studi yang menyatakan berpuasa meningkatkan resiko terinfeksi COVID-19,” kata Dwi.

2 dari 4 halaman

Bagaimana Puasa Tangkal Virus Corona?

Nunggu Buka Puasa Waktu WFH, Enaknya Sambil Ngapain ya? © Diadona

Puasa dapat meningkatkan sistem imun tubuh karena aktivitas tersebut memperbaiki jaringan sel-sel yang rusak. Dengan berpuasa selama 30 hari, hal ini dapat merangsang pembentukan sel-sel darah putih yang baru. Dengan meningkatnya sistem imun tubuh, tubuh pun mampu menangkal berbagai infeksi bakteri, virus dan penyakit lainnya.

3 dari 4 halaman

Tetap Jaga Asupan Gizi

Buka Puasa © Diadona

Namun tetap saja, Dwi menjelaskan nggak serta merta puasa berperan dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Asupan gizi selama menjalankan ibadah puasa pun juga harus diperhatikan. Sebab bisa jadi sebaliknya, orang yang kekurangan gizi bisa rentang tertular virus corona.

Ada tiga keutamaan asupan gizi yang baik. Pertama, sebagai sumber energi utama tubuh. Kedua, sebagai pengatur tubuh tetap sehat dan bugar yang di dalamnya pun mengatur sistem imun tubuh. Ketiga, sebagai penggerak pertumbuhan tubuh. Begitulah penjelasan Dwi.

4 dari 4 halaman

Nah guys, jangan lagi skip puasa ya kalau emang nggak ada halangan. Selain itu, perhatikan juga asupan gizi kalian. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar