Penyakit Hernia pada Wanita : Penyebab dan Gejalanya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 27 Februari 2020 18:09
Penyakit Hernia pada Wanita : Penyebab dan Gejalanya
Meski terdengar asing, sebenarnya banyak yang menderi penyakit hernia ini. Tenang saja, nggak berbahaya kok.

Penyakit hernia mungkin terdengar asing di telinga sebagian orang. Penyakit ini lebih sering disebut sebagai penyakit turun berok. 

Penyakit hernia sebenarnya merupakan masalah umum lho, yang seringkali nggak menimbulkan bahaya atau rasa sakit. Penyakit hernia ini nggak bisa hilang dengan sendirinya dan memerlukan penanganan medis. Meski begitu, ada beberapa kasus penyakit hernia yang membuat penderitanya mengalami ketidaknyamanan dan rasa sakit.

1 dari 3 halaman

Penyebab Penyakit Hernia

Ilustrasi sakit perutIlustrasi sakit perut © Medical News Today

Penyakit hernia adalah kondisi di mana organ dalam tubuh mencuat atau menojol melewati jaringan ikat atau jaringan otot yang biasa menahannya. Normalnya, jaringan ikat ini cukup kuat buat menahan organ berada di tempatnya. Namun karena beberapa hal, jaringan tersebut jadi lemah. Jaringan nggak bisa menahan organ sehingga kemudian organ jadi menonjol.

Penyakit hernia umumnya disebabkan karena kombinasi kelemahan dan ketegangan otot. Perkembangannya yang cepat maupun lambat tergantung dari penyebabnya sendiri.

Beberapa penyebab umum dari pelemahan dan ketegangan otot yang dapat menyebabkan penyakit hernia, diantaranya:

  • Kondisi bawaan yabng terjadi selama perkembangan dalam rahim dan telah ada sejak lahir
  • Penuaan
  • Kerusakan akibat cedera atau operasi
  • Batuk kronis
  • Olahraga atau angkat beban berat
  • Hamil
  • Sembelit, yang menyebabkan pengangan otot ketika buang air besar
  • Kelebihan berat badan
  • Keberadaan cairan di perut

Risiko penyakit hernia juga bsia muncul karena kondisi sebagia berikut:

  • Riwayat adanya penyakit hernia pada diri sendiri atau keluarga
  • Merokok, karena mengarah pada pelemahan jaringan ikat
  • Lahir prematur

2 dari 3 halaman

Penyakit Hernia Adalah Turun Berok

Ilustrasi Sakit PerutIlustrasi Sakit Perut © aidsmap.com

Penyakit hernia terjadi karena ada pelemahan lubang di peritoneum, sebuah dinding berotot yang bertugas untuk menjaga organ perut tetap ada di tempatnya. Akibatnya, organ tersebut jadi terdorong. Misalnya nih, usus dapat menembus area yang melemah di dinding perut.

Benjolan tersebut bisa hilang saat orang tersebut berbaring, lalu tiba-tiba muncul lagi. Tonjolan akibat penyakit hernia ini juga bisa muncul saat seseorang sedang terbatuk.

Kebanyakan penyakit hernia muncul di bagian perut antara dada dan pinggul, namun juga bisa muncul di daerah paha dan pangkal paha atas

Kalau menyebut tentang gimana cara mengobati penyakit hernia, maka satu-satunya jalan yakni melalui pembedahan. Tapi balik lagi sih, penting atau tidaknya tergantung pada ukuran dan tingkat keparahan gejalanya.

Namun patut diwaspadai juga adanya komplikasi karena penyakit hernia ini. Dalam beberapa kasus, mengenakan penyangga mungkin akan membantu menahan penyakit hernia biar tetap ada di tempatnya.

3 dari 3 halaman

Gejala Penyakit Hernia

Ilustrasi OlahragaIlustrasi Olahraga © 2019 https://www.diadona.id/healthline

Pada beberapa kasus penyakit hernia, kebanyakan muncul pembengkakan tanpa rasa sakit yang nggak menimbulkan masalah, dan nggak segera memerlukan tindakan medis. Gejala yang muncul biasanya hanyalah berupa ketidaknyamanan dan rasa sakit.

Rasa tidak nyaman tersebut biasanya akan memburuk ketika berdiri, mengejan, atau mengangkat beban berat. Nah, pada kondisi inilah kebanyakan orang kemudian memutuskan untuk pergi ke dokter.

Sayangnya, penyakit hernia nggak bsia disembuhkan cuman bermodalkan obat-obatan herbal. Namun, ada beberapa hal yang bisa merinbgankan gejala yang diderita. Apa saja?

Makan Banyak Serat

Dengan makan banyak serat, maka akan membantu meringankan sembelit yang menyebabkan kejan saat BAB. Mengejan ini lho yang bikin penyakit hernia jadi makin buruk. Beberapa contoh makanan tinggi serta yang bsia kamu konsumsi, termasuk diantaranya biji-bijian, buah dan sayuran.

Perubahan Diet

Coba deh untuk menghindari makanan yang besar dan berat, jangan berbaring atau membungkuk setelah makan dan jaga berat badan agar tetap ideal.

Olahraga

Olahraga akan membantu memperkuat otot di sekitar penyakit hernia ini dan membantu mengurangi beberapa gejalanya. Namun harus idcatata kalau sangat dilarang olahraga yang melibatkan angkat beban, yang menegangkan perut.

Why? Karena ini justru bikin hernianya membesar. Hal yang sama juga berlaku untuk latihan yang dilakukan secara tidak benar.

Beri Komentar