Penikmat Kopi, Ini Dia Cara Untuk Membuat Kopimu Lebih Sehat

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Sabtu, 28 Desember 2019 23:21
Penikmat Kopi, Ini Dia Cara Untuk Membuat Kopimu Lebih Sehat
Ternyata kamu bisa mengubah kopimu menjadi minuman yang sehat dengan menambahkan bahan-bahan berikut!

Kopi adalah salah satu minuman yang tidak hanya disukai namun juga menjadi lifestyle bagi banyak orang saat ini. Kopi merupakan salah satu sumber antioksidan terbesar dibandingkan dengan buah dan sayuran lainnya. Dilansir dari healthline (24/04), berikut adalah beberapa tips untuk mengubah rutinitas kopimu jadi lebih sehat.

Stop kopi diatas jam 2 pagi
Kopi mengandung banyak stimulan, yang mana ini adalah salah satu alasan kopi begitu terkenal di seluruh dunia. Kopi memberikan tenaga dan juga dapat membuatmu tetap terjaga meskipun kamu sedang merasa lelah.

Namun jika kamu mengkonsumsi kopi di saat hari menuju malam, maka hal ini bisa mempengaruhi jam tidur kamu, dan jika jam tidur kamu terganggu tentu hal ini mempengaruhi kesehatan. Memang tidak semua orang akan terganggu jam tidurnya karena mengkonsumsi kopi. Meskipun begitu, jika dengan tidak mengkonsumsi kopi pada jam tersebut dapat meningkatkan kualitas tidur kamu, maka kenapa tidak.

Jangan menggunakan gula
Meskipun kopi memiliki kandungan positif, namun mengkonsumsinya dengan bahan gula dapat mengurangi tingkat positifnya. Jika kamu secara berkala mengganti gula dengan pemanis natural, hal ini justru lebih baik.

Menambah Kayu Manis
Kamu dapat menambahkan kayu manis pada kopimu sebagai alternatif lainnya. Penelitian menunjukkan jika kayu manis dapat menurunkan glukosa darah, kolestrol dan trigliserida pada penderita diabetes.

Selain sebagai penambah rasa, dengan menambahkan kayu manis juga dapat lebih menyehatkan kopimu.

Hindari Krimer
Krim instan yang banyak beredar sebetulnya patut dipertanyakan kandungan bahan-bahan didalamnya. Untuk menggantikan rasa yang diberikan oleh krimer, kamu dapat menggunakan susu murni atau susu krim.

Hindari Minum Terlalu Banyak
Meskipun mengkonsumsi kopi tiap pagi merupakan hal yang wajar bahkan masih memberikan dampak positif, namun mengkonsumsi sesuatu yang berlebihan tetaplah tidak baik. Kadar konsumsi normal terhadap kopi adalah 400 hingga 600 mg perharinya. Meskipun begitu tiap orang memiliki kadar teloreansinya masing-masing terhadap kopi.

Beri Komentar