Payudara Membesar Saat Menstruasi, Kenapa Ya?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 18 Februari 2020 16:03
Payudara Membesar Saat Menstruasi, Kenapa Ya?
Tenang, nggak cuma kamu kok yang mengalaminya.

Dalam masa menstruasi, kita secara normal memang mengalami perubahan. Misalnya seperti perut kram, emosi yang nggak stabil, anemia, badan terasa pegal dan ada satu hal yang cukup membuat khawatir, yaitu payudara yang membesar dan mengeras.

Nggak perlu khawatir, itu adalah hal-hal yang wajar kok. Namun memang nggak semua wanita mengalaminya sejak pertama kali mens.

Semuanya dapat terjadi berangsur-angsur. Seperti saya misalnya, baru beberapa bulan ini saya melihat payudara saya membesar ketika sedang.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Payudara © Diadona

Dilansir dari elitedaily.com, Christine Greves, MD, seorang OBGYN di Rumah Sakit Kesehatan Orlando Winnie Palmer untuk Wanita & Bayi, mengatakan ukuran payudara selama PMS menurun ke tingkat esterogen dan progesteron.

Namun setelah kamu memasuki fase menstruasi, kadar esterogen dan progesteron betul-betul meningkat. Hal inilah yang membuat perbedaan yang signifikan pada payudara selama kita menstruasi.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Menstruasi © Diadona

Jadi ketika sebelum menstruasi payudara cenderung lebih terlihat mulus, kenyal dan dalam ukuran normal. Namun pada saat menstruasi, justru terlihat padat dan membesar.

Namun tentu saja hal ini nggak selalu berlaku bagi setiap wanita. Setiap siklus mentruasi adalah 100 persen individual dan unik.

Namun dari hasil penelitian menjelaskan jika 5 dari sepuluh wanita mengalami payudara membesar dan mengeras ketika menstruasi.

3 dari 3 halaman

Nah, jika hal ini benar-benar mengganggumu. Kamu dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri atau rajin memijat payudara mu dengan minyak atsiri selama masa menstruasi.

Okay, jadi nggak perlu khawatir lagi ya.

Beri Komentar