Nggak Harus ke Gym, Gerakan Ini Dapat Memperindah Bentuk Kaki

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Sabtu, 28 Desember 2019 14:21
Nggak Harus ke Gym, Gerakan Ini Dapat Memperindah Bentuk Kaki
Punya ingin kaki indah? Lakukan gerakan berikut ini!

Menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah dengan menjaga bentuk tubuh yang ideal dan bugar.

Terutama bagi wanita, kaki merupakan bagian tubuh yang sangat perlu diperhatikan. Selain agar tetap kuat melangkah setiap harinya, wanita seringkali berusaha untuk mendapat bentuk kaki yang diinginkannya.

Dikutip dari Boldsky (26/11), berikut gerakan kaki yang seharusnya dilakukan wanita.

1 dari 7 halaman

1. Squats

Ilustrasi Wanita Squat © Diadona

Selain simpel, squats merupakan gerakan yang sangat efektif untuk memperkuat sebagian besar otot-toto kaki.

Berdirilah tegak dan lebarkan kakimu. Tekuk lutut dan rasakan turunnya bokongmu. Jangan dipaksakan, turun sebisamu saja. Tahan sebentar, kemudian kembali berdiri seperti semula. Lakukan gerakan ini sampai 10 repetisi.

2 dari 7 halaman

2. Side Lunges

Ilustrasi gerakan side lunges © Diadona



Selain menguatkan otot-otot kaki, gerakan side lunges juga menjaga fleksibilitas kakimu.

Berdiri dengan membuka kakimu selebar bahu. Ambil langkah besar samping pada satu arah. Ingat, tetap usahakan agar tubuh tetap tegak. Masih dalam keadaan 'langkah besar', turunkan kaki yang satunya hingga menekuk 90 derajat. Kalau belum sanggup, semampumu saja, kemudian gantian dengan kaki yang satunya. Kamu cukup melakukan gerakan ini 3 kali repetisi sampai benar-benar terbiasa.

3 dari 7 halaman

3. Side Leg Raises

Ilustrasi Wanita Side Leg Raises © Diadona



Gerakan ini sangat efektif untuk memperkuat paha luar dan pinggul.

Berbaringlah dalam keadaan miring. Luruskan kakimu. Angkat kaki kakimu hingga mentok ke atas, kemudian kembali turunkan. Ulangi gerakan ini sampai 12 repetisi pada masing-masing kaki.

4 dari 7 halaman

4. Split Squat

Gerakan ini menargetkan bagian bokong, paha depan dan paha belakang. Kalau ada dumbbell, kamu bisa memakainya di kedua sisi tangan untuk keseimbangan otot yang lebih baik.

Siapkan kursi rendah di belakangmu. Letakkan salah satu kaki di atas kursi. Tekuk kaki lainnnya lebih rendah ke bawah. Usahakan tubuhnya tetap tegak. Tahan posisi ini sebentar saja, kemudian naikan lagi seperti semula. Lakukan gerakan ini 10 repitisi pada setiap kaki.

5 dari 7 halaman

5. Calf Raise

Ilustrasi Wanita Calf Raise © Diadona



Calf Raise merupakan gerakan paling mudah di antara yang lainnya. Gerakan ini meningkatkan kekuatan otot dan mengencangkan bawah kaki.

Berdirilah tegak. Angkat tubuhmu dengan kekuatan jari-jari kaki. Tahan sebentar, lalu turunkan kembali. Lakukan gerakan ini sampai 15 repetisi.

6 dari 7 halaman

6. Step Up

Gerakan ini melatih keseluruhan kakimu tertutama paha depan, dan menstabilkan sendi lutut dan pingggalmu.

Letakkan meja kecil di depanmu dan letakkan salah satu kaki di atasnya. Angkat tubuhmu dengan kaki itu dan rasakan sensasi tekanan yang terjadi pada kaki tersebut. Tahan sebentar, lalu kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan ini 12 repetisi pada setiap kaki.

7 dari 7 halaman

7. Sumo Squat

Ilustrasi Wanita Sumo Squat © Diadona

Squat sumo ini berfokus pada paha bagian dalam, serta berpengaruh terhadap bokong, betis, paha belakang dan depan.

Berdirilah tegak dan buka kakimu cukup lebar. Turunkan tubuhmu hingga menekuk lutut dan pinggul sejajar atau hampir sejajar dengan lutut. Kemudian kembali naikan tubuh hingga tegak kembali dan tutup kaki. Lakukan gerakan ini selama 12 repetisi.

 

Gimana, cukup mudah bukan? Bagikan hasil latihanmu di kolom komentar, ya!

Beri Komentar