Mitos atau Fakta, Keseringan Membunyikan Jari Tangan Menyebabkan Arthritis

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 30 Desember 2019 14:11
Mitos atau Fakta, Keseringan Membunyikan Jari Tangan Menyebabkan Arthritis
Banyak yang mengatakan banyak membunyikan jari-jari tangan itu berbahaya. Emang benar?

Pernahkah kamu mendengar bahkan sejak kecil bahwa membunyikan jari-jemarimu itu berbahaya? Misalnya saja, jika membunyikan jari-jemarimu terus-menerus, itu akan membahayakan persendian tulangmu.

Tapi, pernah nggak kamu bertanya-tanya ketika sudah tumbuh cukup dewasa: Emang benar? Jika iya, bagaimana bisa? Padahal, kebanyakan orang sangat menikmati kegiatan 'membunyikan' jari-jari tangan ini.

Untuk mendapatkan kejelasannya secara pasti, mari simak penjelasan Dr. Robert Klapper berikut ini, seorang ahli bedah ortopedi dan wakil direktur Joint Replacement Program, mengenai kebenaran 'membunyikan jari-jemari' ini, seperti yang dilansir di Cedars-Sinai (02/12).

 

1 dari 2 halaman

Mengenal Bunyi Persendian Jari Tangan

Jadi sebenarnya bunyi jari-jari itu apa? Apakah pergesekan antar tulang? Kalau menurut Dr. Klapper, bunyi yang dihasilkan dari jari-jari tangan kita itu adalah gelembung nitrogen yang meledak di cairan sinovial.

Ibarat oli pada mesin mobil, cairan sinovial berperan melumasi sendi tulang kita, yang berguna untuk mengurangi gesekan dan menjaga tulang rawan kita. Jika kamu membunyikan jari tanganmu, gelembung nitrogen di cairan sinovial membutuhkan waktu biasanya sekitar 20 menit agar dapat terbentuk kembali. Jadi, kamu nggak bisa melakukannya terus-menerus dalam waktu yang singkat.

Membunyikan jari-jari tanganmu itu seolah melepaskan tekanan yang ada pada sendi tangan. Dr Klapper menambahkan bahwa membunyikan ruas-ruas jari merupakan pengalaman psikologis yang melegakan.

2 dari 2 halaman

Jadi, apakah membunyikan jari-jari itu benar dapat menyebabkan arthritis?

Hellosehat (02/12) menjelaskan bahwa arhritis merupakan peradangan atau inflamasi pada sendi, atau umumnya disebut dengan rematik. Dijelaskan pula faktor penyebab adanya arhristis adalah faktor keturunan, dan nggak ada penjelasan apapun bahwa kegiatan 'membunyikan' sendi-sendi dapat menyebabkan arhristis.

" Membunyikan ruas-ruas sendimu tidak berbahaya sama sekali. Tidak ada hubungannya dengan penyebab arthritis," jelas Dr. Klapper. Ini nggak hanya berlaku untuk jari-jari tangan, ya. Tapi juga berlaku untuk sendi leher, pergelangan kaki, dan lainnya.

Kalaupun ketika membunyikan tangan terasa sakit, berkeringat setelahnya, dan tanda-tanda nggak mengenakkan lainnya, itu berarti persendiannya yang memang udah nggak baik sebelumnya, bukan karena kegiatan 'membunyikan' tangan ini.

 

Jadi apakah membunyikan ruas-ruas jari akan menyebabkan arthritis alias rematik? Oh, tentu saja tidak. Coba tulis pengalamanmu di kolom komentar seputar mitos ini!

 

 

 

 

 

Beri Komentar