Mengenal 14 Penyakit Tulang, dari Flu Tulang hingga Sakit Tulang Belakang

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 27 Maret 2020 16:21
Mengenal 14 Penyakit Tulang, dari Flu Tulang hingga Sakit Tulang Belakang
Padahal penting tapi mungkin sering diabaikan. Sudahkah kamu aware sama kesehatan tulang kamu sendiri? Kenali yuk jenis penyakit tulang biar kamu tetap kuat beraktivitas hingga tua

Tulang punya fungsi yang penting banget buat kita, Mulai dari menopang tubuh, memberi bentuk tubuh, dan melindungi organ. Tulang merupakan jaringan hidup yang terus menerus tumbuh di sepanjang hidup. Misalnya nih, saat kecil, pertumbuhan tulang kita jadi lebih cepat ketimbang kehilangan tulang jadi lama.

Sedangkan di atas umur 20 tahun, kita bsai kehilangan tulang lebih cepat timbang menumbuhkannya. Pembentukan tulang yang kuat dan baik saat muda, dan pencegahan pada pengeroposan tulang saat tua, ditopang dengan asupan gizi yang baik

1 dari 4 halaman

Penyakit pada Tulang

Ilustrasi Sakit Tulang © Diadona

Sesuai dengan namanya, penyakit tulang adalah suatu kondisi di mana tulang jadi rusak atau membuat tulang jadi lemah, dan membuatnya rentan terhadap patah tulang. Dan tulang yang lemah ini bukan bagian alami dari penuaan.

Dan tahu nggak sih, kalau sistem kerangka yang sehat dengan tulang yang kuat in sangat penting untuk kesehatan dan kualitas hidup secara keseluruhan. Tulang yang kuat bakalan menopang tubuh, melindungi hati, paru dan otak karena cedera, trus merupkana kerangka kerja otot yang memungkinkan kita untuk bergerak.

Nggak cuman itu aja, tulang merupakan gudang untuk mineral yang mendukung kehidupan.

2 dari 4 halaman

Penyakit Tulang Belakang

Ilustrasi Sakit Tulang © Diadona

Tulang belakang kita tersusun dari 26 cakram tulang yang disebt dengan vertebrata. Vertebrata ini melindungi susmsum tulang belakang dan memungkinkan kamu buat berdiridan membungkuk.

Sejumalh masalah bisa membuat penyakit tulang belakang, seperti merubah strukturnya atau merusak tulang belakang dan jaringan sekitarnya,

Diantaranya:

  • Infeksi
  • Cedera
  • Tumor
  • Kondisi seperti ankylosing spondylitis dan scoliosis
  • Perubahan tulang yang datang seiring bertambahnya usia, seperti stenosis tulang belakang dan cakram hernia

Ankylosing Spondylitis

Ankylosing spondylitis adalah penyakit peradangan yang, dari waktu ke waktu, dapat menyebabkan beberapa tulang kecil di tulang belakang menyatu.

Akibatnya, tulang belakang jadi kurang lentur dan menghasilkan postur yang jadi bungkuk ke depan. Kalau sampai iga terkena, maka penderitanya bakalan sulit buat bernapas dalam-dalam.

Skoliosis

Yaitu penyakit tulang di mana tulang belakang melengkung secara nggak normal, membentuk huruf S atau C kalau dilihat dari belakang. Ini umumnya dapat didiagnosis saaat penderita masih bayi atau anak-anak, meski juga bisa akhirnya beratahn sama mereka dewasa.

Stenosis Tulang Belakang

Merupakan penyakit tulang di mana tulang belakang mengalami penyempitan. Akibatnya, ada tekanan pada syaraf sekitar tulang belakang.

Penyakit tulang ini nggak berbahay, cuman pada beberapa kasus, diperlukan tindakan operasi untuk mengurangi tekanan pada sumsum tulang belakang atau saraf.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyakit Tulang

Ilustrasi Sakit Tulang © Diadona

Ada banyak sekali jenis penyakit tulang, atau kondisi yang membuat tulang jadi terpengaruh. Mau tahu lebih lanjut? Yuk baca ulasannya berikut:

Osteoporosis

Penyakit tulang yang ini pasti udah sering kamu dengar menimpa meraka yang berusia lanjut. Secara harfiah, osteoporosis berarti tulang keropos, atau disebut juga dengan penyakit tulang rapuh. Apa artinya?

Itu berarti penderita punya kecenderungan untuk patah tulang pingul, tulang belakang, dan pergelangan tangan. Penyakit osteoporisis ini juga disebut penyakit " diam" karena nggak punya gejala yang jelas sampai ada patah tulang.

Untuk mendiagnosa, dokter mungkin bakalan melakuka pengecekan kepadatan tulang.

Cara mengobatinya? Dokter mungkin bakalan menyarankan penderita buat mengubah pola makan, olahraga, juga beberapa obat untuk memperlambat keropos tulang.

Osteopetrosis

Kalau osteoporosis merupakan penyakit tulang yang keropos, nah ini merupakan kebalikannya. Yaitu Tulang penderita terlalu padat. Tapi sayangnya, ini nggak bikin tulang itu kuat.

Justru penyakit tulang osteopetrosisi ini membaut tulang lemah dan lebih mudah pecah. Kondisi ini juga akan mempengaruhi susmsum di dalam tulang, yang membuat tubuh jadi lebih sulit melawan infeksi, membawa oksigen, dan mengendalikan pendarahan.

Osteonekrosis

Penyakit tulang osteonekrosis terjaid katika tulang nggak mendapatkan cukup asupan darah. Lokasi yang sering terkena yaitu di paha, lengan, lutut, atau bahu.

Saat nggak cukup asupan darah, maka jaringan tulang bisa mati trus runtuh. Penyakit tulang ini membuat penderitanya mengalami rasa sakit trus jadi sulit bergerak.

Penyebabnya? Bisa karena edera, pengobatan, atau penyakit seperti kanker, lupus, dan HIV

Diabetes Tipe 1

Loh, ada hubungan apa nih natara penyakit tulang dengan penyakit darah tinggi?

Jadi begini, penyakit diabetes tipe 1 merupakan kondisi kurang insulin, hormon yang membantu mengendalikan gula darah.

Dokterpun juga masih belum yakin kenapa, tapi, tanpa insulin yang cukup, tulang mungkin tidak tumbuh dengan baik atau mencapai massa tulang puncaknya

Lupus

Dengan kondisi imun seperti lupus, sistem kekebalan tubuh bakalan menyerang tubuh sendiri. Gejalanya bisa bberupa nyeri otot, demam, kecapekan, ruam, dan rambut rontok.

Penyakit lupus juga membuat penderitanya lebih mungkin terkena osteoporosis dan patah tulang. Dan sayangnya, obat kortikosteroid yangdigunakan untuk mengobati lupus juga dapat menyebabkan keropos tulang.

Osteoartritis

Penyakit tulang ini terjaid ketika jaringan licim yang menutupi ujung tulang, terjaid kerusakan. Akibatnya, ada pergesekan dis etiap ujung tersebut. Tulang tulang rawan bisa patah dan menyebabkan rasa sakit dan bengkak.

Radang Sendi

Sama halnya dengan lupus, penyakit ini juga merupakan penyakit autoimun. Ceritanya begini. Sisitem pertahanan tubuh menyerang sendi dan tulang, sering kali terjadi di kaki maupun tangan.

Selain rasa sakit dan bengkak pada persendian, penderita mungkin merasa lelah dan demam.

Celiac

Di dalam roti terdapat protein bernama gluten yang umum ada di dalam gandum. Nah, ada kondisi di mana tubuh ngak sohiban nih sama gluten ini, menyebabkan sistem kekebalan tubuh jadi menyerang tubuh setaip kali konsumsi roti. Penyerangan ini juga akan merusak usus halus penderitanya.

Apa hubungannya sama penyakit tulang? Dengan usus halus yang bermasalah, akhirnya tubuh jadi kesulitan menyerap nutrisi, termasuk kalisum yang penting untuk tulang.

Penyakit ini memang udah sering banget meenyebabkan lemahnya tulang.

Imperfecta

Yang disebut juga dengan penyakit tulang rapuh. Penyakt ini diwarisakna dari gen orang tua, sehingga membuat penderitanya jadi punya tulang yang lemah dan cacat.

Sendi mereka mungkin jalalan terpisah dengan mudah, dan tulang belakang jadi lebih mudah melengkung.

Tulang Patah

Dan ya, ini disebabkan karena cedera atau trauma yang serius pada tulang. Tapi ini juga bisa terjadi karena adanya kanker tulang di tubuh penderitanya.

Penyembuhan penyakit tulang patah ini tergantung sama penderitanya. Misalnya, patah tulang pada anak-anak bisa cepat sembuh karena tulang anak-anak lebih fleksibel dan ulet

Kanker Tulang

Kanker yang berasal dari tulang, dan ini sebenarnya merupkaan penyakit tulang dan kanker yang jarang terjadi. Terhitung, kanker tulang cuman ada 1 persen dari semua kanker baru yang didiagnosis.

Penyakit tulang ini ditandai dengan keberadaan kanker yang menyebar ke tulang-tulang dari bagian lain tubuh lebih umum. Misalnya, tumor metastasis dari prostat atau kanker payudara, yang kemudian jalan-jalan ke tulang dan membuat kanker tulang terjadi.

4 dari 4 halaman

Penyakit Flu Tulang

 

Ilustrasi Sakit Tulang © Diadona

Namanya flu kan biasanya menjangkit saluran pernapasan. Trus kenapa ini jadi penyakit tulang? Tulangnya bersin-bersin gitu ya?

Bukan, gaes? Jadi, flu tulang sebenarnya bukan merupakan suatu penyakit, namun gejala munculnya penyakit sesuatu. Gejalanya terasa seperti linu atau nyeri pada tulang, yah, kayak tulangnya lagi nggak enak gitu.

Penyebab Penyakitu Flu Tulang

Dari alodokter.com menyebut, kalau gejala flu tulang bisa muncul sebagai akibat dari beberapa penyakit dalam tubuh. Contohnya, demam berdarah, chikungunya dan influensa.

Perawatan gejala flu tulang bisa dilakukan dengan pengobatan berupa paracetamol, naproxeb, ataus aspirin dan ibuprofen.

Beri Komentar