Mempercantik Penampilan tapi Softlens Bisa Bikin Buta, Emang Iya?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 27 Februari 2020 08:00
Mempercantik Penampilan tapi Softlens Bisa Bikin Buta, Emang Iya?
Mau cantik malah apes, jangan sampai ya!

Soft lense memang jadi salah satu alat yang mempermudah pengelihatan kita. Dibandingkan dengan kacamata, penggunaan softlens lebih aman untuk digunakan dalam melakukan aktifitas yang banyak gerak.

Menurut penelitian, rata-rata pengguna softlens ada di umur 25 hingga 44 tahun.

Terdapat berbagai merek softlens yang ada di pasaran, ada yang dijual dengan harga murah ataupun mahal.

Softlens dapat digunakan untuk kita yang rabun dekat, rabun jauh, dan astigmatisme. Meski saat ini nggak sedikit orang yang memakai softlens untuk kecantikan saja.

1 dari 6 halaman

Namun softlens merupakan lensa cekung yang sangat ringkih dan sensitif, begitupun dengan mata kita. Karena itu softlense dapat berbahaya untuk mata jika salah penggunaan. Dilansir dari healthline.com, penggunaan softlense dapat menyebabkan rasa terbakar, menyengat, mata merah, pembengkakan hingga sakit mata. Namun dalam beberapa kasus, pemilihan dan penggunaan softlense yang kurang pas dapat menyebabkan kebutaan.

Salah satunya adalah Nick Humphreys asal Inggris ini. Ia tidak pernah melepas softlens-nya meskipun saat ia mandi. Hingga akhirnya ia terkena penyakit Acanthamoeba keratitits. Yaitu sebuah infeksi parasit yang langka pada kornea mata. Karena itu penting bagi kita untuk mengetahui aturan dalam penggunaan softlens.

2 dari 6 halaman

Melepas softlens saat tidur

ilustrasi tidur © Diadona

3 dari 6 halaman

Tidak menggunakan softlens untuk mandi

ilustrasi mandi malam wanita © Diadona

4 dari 6 halaman

Rajin membersihkan tempat softlens

Ilustrasi softlense © Diadona

5 dari 6 halaman

Perhatikan kebersihan tangan saat menggunakan softlens

Ilustrasi Tangan © Diadona

6 dari 6 halaman

Softlens emang bisa membuat aura kita lebih terpancar, apalagi ketika sedang ngobrol denganseseorang. Tapi kita juga perlu mengingat kalau softlens sangat sensitif, jadi kita perlu hati-hati dalam menggunakannya ya!

Beri Komentar