Mata Panda Mengganggumu? Ketahui Penyebabnya Ini

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 26 Desember 2019 13:43
Mata Panda Mengganggumu? Ketahui Penyebabnya Ini
Tanpa disadari terkadang tiba-tiba muncul lingkaran hitam dimatamu, atau biasa disebut mata panda. Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab mata panda, simak penyebabnya dibawah ini yuk!

Mata panda atau mata berkantung dapat membuat penampilanmu terlihat berkurang. Munculnya lingkaran kehitaman di sekitar kelopak mata dapat disebabkan karena beberapa faktor.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut adalah faktor-faktor yang dapat menyebabkan mata panda.

1. Kelelahan
Terlalu banyak tidur, kelelahan ekstrem, atau begadang berjam-jam dari waktu tidur normal dapat menyebabkan lingkaran hitam terbentuk di bawah mata. Kurang tidur dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan pucat, memungkinkan jaringan gelap dan pembuluh darah di bawah kulit terlihat.

Kurang tidur juga dapat menyebabkan cairan menumpuk di bawah mata, hal ini lah yang menyebabkan mata tampak bengkak. Akibatnya, lingkaran hitam yang terlihat mungkin sebenarnya adalah bayangan yang dibuat oleh kelopak mata yang bengkak.

2. Usia
Penuaan adalah penyebab umum dari lingkaran hitam di bawah mata. Seiring bertambahnya usia, kulit berubah menjadi lebih tipis. Kulit juga kehilangan lemak dan kolagen yang dibutuhkan untuk menjaga elastisitasnya. Ketika ini terjadi, pembuluh darah gelap di bawah kulit menjadi lebih terlihat, menyebabkan area di bawah mata menjadi gelap.

3. Mata terlalu tegang
Menatap televisi atau layar komputer dapat menyebabkan ketegangan yang signifikan pada mata. Hal ini dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata jadi membesar. Akibatnya, kulit di sekitar mata berubah menjadi gelap.

4. Alergi
Reaksi alergi dan kekeringan mata dapat memicu lingkaran hitam. Ketika kamu memiliki reaksi alergi, tubuh akan melepaskan zat histamin dalam tubuh yang akan merespons terhadap bakteri berbahaya. Selain itu juga dapat menyebabkan gejala tidak nyaman lainnya seperti gatal, kemerahan, dan mata bengkak. Histamin juga menyebabkan pembuluh darah melebar dan menjadi lebih terlihat.

Alergi juga dapat meningkatkan rasa ingin untuk menggosok dan menggaruk kulit yang gatal di sekitar mata. Padahal tindakan ini dapat memperburuk gejala, menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan merusak pembuluh darah.

5. Dehidrasi
Dehidrasi adalah penyebab umum lingkaran hitam di bawah mata. Ketika tubuh tidak menerima jumlah air yang sesuai, kulit di bawah mata akan mulai terlihat kusam dan mata terlihat cekung. Hal ini karena jaraknya yang berdekatan dengan tulang di bawahnya.

6. Genetik
Faktor genetik yang ada dalam keluarga dapat menjadi alasan utama jika mata pandamu tak kunjung usai. Hal ini biasanya dapat terlihat sejak kecil dan akan makin terlihat sangat jelas setelah dewasa.

Beri Komentar