Mata Kedutan, Pertanda Lagi Digosipin atau Justru Gejala Penyakit Hayo?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Rabu, 26 Februari 2020 12:44
Mata Kedutan, Pertanda Lagi Digosipin atau Justru Gejala Penyakit Hayo?
Yakin masih percaya mitos ini?

Banyak mitos yang berkembang di masyarakat kita, salah satunya adalah tentang mata kedutan. Untuk kedutan di mata sendiri sering di hubungkan sebagai pertanda jika ada orang yang sedang membicarakan kita.

Kedutan mata sendiri sebenarnya merupakan hal yang wajar terjadi pada manusia, dan sebagian besar dari kita mengalaminya.

Apa arti kedutan dalam dunia medis?

Kedutan mata atau dapat disebut juga dengan miokimia adalah kejang otot-otot pada kelopak mata yang terjadi secara berulang dan tidak disengaja.

Kedutan secara umum terjadi secara perlahan, dan terasa seperti ada tarikan halus pada area kelopak mata. Namun nggak menutup kemungkinan juga kalau kedutan ini akan terjadi cukup kuat.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Mata Hitam © Diadona

Biasanya kedutan terjadi selama beberapa detik atau selama satu hingga dua menit.

Dilansir dari healthline.com, mata yang berkedut terjadi tanpa sebab. Namunan kedutan yang terjadi kemungkinan disebabkan karena adanya gangguan elektrolit dalam tubuh yang terlalu tinggi atau rendah.

Umumnya penurunan kadar kalium dapat menyebabkan terjadinya kelemahan pada otot-otot anggota gerak dan juga menyebabkan munculnya kedutan pda otot-otot kecil.

2 dari 2 halaman

via GIPHY

Kedutan mata dalam waktu singkat merupakan kondisi yang tidak membahayakan kesehatan. Namun, jika kedutan ini kamu rasa terjadi selama cukup sering dan disertai dengan gejala gangguan pada bagian tubuh lainnya maka kamu perlu segera mengkonsultasikan ke dokter. Karena bisa jadi itu adalah sebuah tanda dari tubuhmu atas suatu penyakit.

Jadi kedutan memang suatu hal yang wajar dan umum terjadi kok. Masih percaya kalau mata berkedut berarti ada yang lagi gosipin kamu?

Beri Komentar