Masa WFH Corona Diperpanjang, Ikuti 6 Tips Ini biar Badan dan Mentalmu Gak Bobrok!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 16 April 2020 15:27
Masa WFH Corona Diperpanjang, Ikuti 6 Tips Ini biar Badan dan Mentalmu Gak Bobrok!
Siapa yang mulai banyak rebahan selama WFH?

Salah satu bentuk pencegahan penyebaran wabah virus corona yang paling efektif adalah dengan adanya physical distancing, dan salah satunya bisa dilakukan dengan work from home alias bekerja dari rumah. Selain selama pandemi virus corona ini, kamu diharuskan untuk selalu berada di rumah sebisa mungkin. Kerja di rumah, kuliah di rumah, sekolah di rumah, agar pencegahan penyebaran virus corona dapat dilakukan dengan maksimal.

Nah, kabar berita virus corona di Indonesia semakin ke sini nampaknya semakin mengkhawatirkan. Akibatnya waktu work from home diperpanjang entah sampai kapan, begitu juga dengan di tempat saya kerja. Untuk sebagian orang, mendengar kabar work from home dipanjang membuat mereka senang. Namun untuk sebagian orang lainnya, WFH bikin sebagian orang seakan membusuk. Fisik dan mental jadi bobrok.

Nah biar tetap sehat bekerja di rumah demi mendukung pencegahan penyebaran virus corona, merangkum dari Healthline, setidaknya ada beberapa tips nih yang bisa kamu lakukan agar badan dan mental tetap sehat dan bugar!

1 dari 7 halaman

1. Tetapkan Rutinias Pagi

Ilustrasi olahraga © Diadona

Awal hari adalah bagaimana kamu nantinya di sepanjang hari. Jika kamu memulai pagi dengan baik, sepanjang hari performamu pun cenderung baik. Karena virus corona, kamu jadi selalu di rumah. Jadi, tentukan rutinitas pagi apa yang cocok agar hari-harimu semakin walau hanya tetap di rumah. Kamu bisa memulainya dengan mandi, berdandan meski di rumah, bahkan sampai olahraga agar badanmu semangat membara.

2 dari 7 halaman

2. Buat Rencana Pola Makan

Ilustrasi Makan Mie © Diadona

Nah selama di rumah karena pandemi virus corona, pola makan jadi nggak karuan. Apa aja dilahap, nggak kenal waktu juga. Mie bisa jadi sasaran empuk.

Kalau ini terjadi, nggak cuma fisik kamu aja yang bobrok, mental kamu pun juga. Pilihlah makanan yang sehat. Pokoknya hindari makanan yang mengandung banyak karbohidrat, minuman bersoda, dan junk food. You are what you eat, girls!

3 dari 7 halaman

3. Banyak Gerak dan Olahraga Teratur

Ilustrasi Olahraga © Diadona

WFH akan membuat mood-mu rasanya ingin terus bermalas-malasan. Emang terhindar dari virus corona, tapi tetap aja kalau itu terjadi fisik dan mentalmu ancur. Di sela-sela pekerjaan yang kamu garap, coba untuk menyempatkan waktu untuk bergerak seperti jalan-jalan di sekitar. Jika sudah selesai bekerja, jangan lupa untuk melanjutkan olahraga. Selain menjaga kesehatan fisik dan mental, produktifitasmu pun selama WFH ke depannya akan tetap terjaga.

4 dari 7 halaman

4. Hindari Baca Berita Berlebihan

Selama pandemi virus corona ini tentu banyak berita-berita terkait bermunculan di berbagai media. Kabar-kabar buruk yang kita serap ini jadi membuat mental kita nggak sehat bahkan bisa ikut merasakan gejala virus corona. Jadi hindari kebanyakan berita. Sekedar tahu boleh, tapi jangan berlebihan.

5 dari 7 halaman

5. Menjaga Komunikasi dengan Orang Terkasih

Ilustrasi Pasangan Berbahagia, Hyun Bin dan Son Ye Jin © Diadona

Berdiam diri di rumah buat kita menjadi gak bisa bertemu dengan sang kekasih. Tapi tentu saja orang terkasih bukan hanya melulu tentang kekasih. Untuk orang perantauan, kamu bisa menjaga komunikasi dengan orang tua dan teman-teman terdekat. Soalnya, hal ini bisa mengatur perasaanmu menjadi lebih baik dan tetap bahagia.

6 dari 7 halaman

6. Rajin Bersih-Bersih

WFH karena corona berarti rumah kamu adalah tempat kerjamu. Rajinlah untuk selalu bersih-bersih dan merapihkannya. Sebab, tempat kerjamu itu bisa menentukan suasana hati dan produktifitasmu selama bekerja. Kamu juga bisa menggunakan diffuser sebagai aroma terapi agar membuatmu lebih releks dan tenang sentosa.

7 dari 7 halaman

Nah guys, itulah 6 tips yang bisa kamu lakukan agar badan dan mental kamu tetap bugar alias gak bobrok di rumah selama pandemi virus corona. Kamu melakukan selain 6 hal di atas? Bagi-bagi di kolom komentar, dong!

Beri Komentar