Manfaat Kopi Untuk Mengurangi Risiko Diabetes

Reporter : Sofi
Jumat, 27 Desember 2019 17:06
Manfaat Kopi Untuk Mengurangi Risiko Diabetes
Bagi sebagian orang hanya mengetahui kopi mengandung kaffein untuk mengurangi rasa kantuk. Tapi ternyata kopi juga dapat mengurangi risiko diabetes. Berikut penjelasannya.

Akhir-akhir in kopi menjadi sebuah trend dikalangan anak muda. Banyak berjejer coffee shop yang menjual beragam variasi dari minuman kopi tersebut. Tapi apakah kamu tahu kopi dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2?

Selama ini kopi pernah dibilang buruk untuk kesehatan. Namun, ada bukti yang berkembang bahwa itu dapat melindungi terhadap beberapa jenis kanker, penyakit hati, dan bahkan depresi. Ditinjau secara medis oleh Natalie Olsen, RD, LD, ACSM EP-C dan dirangkum dari healthline.com (9/11/2018) ada sebuah penelitian yang meyakinkan untuk menyarankan bahwa meningkatkan asupan kopi sebenarnya dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Namun, bagi mereka yang sudah memiliki diabetes tipe 2, kopi hitam bisa memiliki efek buruk.

Diabetes adalah penyakit yang memengaruhi cara tubuh memproses glukosa darah. Glukosa darah, juga dikenal sebagai gula darah, penting karena itulah yang mendorong otak dan memberi energi pada otot dan jaringan. Kelebihan glukosa dalam darah dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Kopi

Para peneliti di Harvard melacak lebih dari 100.000 orang selama sekitar 20 tahun. Mereka berkonsentrasi pada periode 4 tahun, dan menemukan bahwa orang yang meningkatkan asupan kopi lebih dari satu cangkir per hari memiliki risiko 11% lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Namun, orang yang mengurangi asupan kopi sebanyak satu cangkir per hari meningkatkan risiko terkena diabetes sebesar 17%.

Minum kopi berkafein dalam jangka waktu yang lama juga dapat mengubah pengaruhnya terhadap sensitivitas glukosa dan insulin. Toleransi dari konsumsi jangka panjang mungkin menjadi penyebab efek perlindungan. Studi terbaru tahun 2018 menunjukkan bahwa efek jangka panjang dari kopi dan kafein dapat dikaitkan dengan penurunan risiko pradiabetes dan diabetes.

Ada perbedaan yang jelas dalam bagaimana orang dengan diabetes dan orang tanpa diabetes merepon kopi dan kafein. Sebuah studi tahun 2008 memiliki kebiasaan peminum kopi dengan diabetes tipe 2 secara terus menerus memantau gula darah mereka sambil melakukan kegiatan sehari-hari. Pada siang hari, ditunjukkan bahwa setelah mereka minum kopi, gula darah mereka akan melambung. Gula darah lebih tinggi pada hari-hari mereka minum kopi daripada pada hari mereka tidak minum kopi.

Apakah kamu salah satu penikmat kopi? Kami ingin tahu, tulis pendapatmu tentang bagaimana menurutmu dengan kopi yang dapat menurunkan risiko diabetes ini ya!

Beri Komentar