Makanan Jatuh 'Mumpung Belum 5 Menit', Beneran Aman?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 14 Februari 2020 12:35
Makanan Jatuh 'Mumpung Belum 5 Menit', Beneran Aman?
Sayang banget kalau dibuang, jadi mending dimakan lagi aja? yakin?

Dari kecil pasti kita udah sering mendengar istilah "mumpung belum 5 menit". Setiap ada makanan yang jatuh, semua orang di sekitar kita seakan segera teriak "belum 5 menit!".

Teori umum secara turun-temurun ini ngga tau datangnya dari mana, yang jelas kita semua melakukannya. Yah gimana nggak, kita semua pasti pernah nggak sengaja menjatuhkan makanan.

Kalau udah jatuh gini, pasti bimbang ambil atau nggak. Tapi kadang hasrat 'sayang sama makanan' ditambah pembelaan belum 5 menit. Bikin kita jadi, yaudah deh ambil lagi aja. Meski sebenernya kamu ragu, makanan itu masih aman atau nggak.

1 dari 3 halaman

Jadi aman nggak sih makan makanan yang jatuhnya belum 5 menit?

ilustrasi makanan jatuh © Diadona

Jawabannya adalah nggak. Nyatanya tiap makanan yang jatuh walaupun hanya 1 detik, sudah dipastikan ia telah terkontaminasi dengan bakteri. Hal ini disebabkan karena sebersih apapun lantai atau permukaan lainnya, pasti ada bakteri yang melekat di permukaannya.

Dilansir dari theguardian.com, penelitian tahun 2007 yang dilakukan oleh profesor teknologi makanan Clemson University, Paul Dawnson, menunjukkan bahwa yang lebih penting bukanlah seberapa lama makanan itu jatuh ke lantai tapi seberapa tingkat kekotoran lantainya.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Makan © Diadona

Meskipun itu lantai rumah kita sendiri, dan kamu yakin sudah membersihkannya dengan bersih. Namun beberapa bakteri yang kuat dan ganas tetap dapat bertahan meski sudah dibersihkan.

Begitu makanan jatuh ia akan langsung terkontaminasi bakteri, terutama pada permukaan yang halus. Selain itu, jumlah bakteri yang terkontaminasi pada makanan itu akan meningkat sepuluh kali lipat setelah 3-30 detik. Kalau 5 menit? Coba bayangkan berapa bakteri yang sudah berpindah ke makanan itu.

3 dari 3 halaman

Nah, kalau memakan makanan yang jatuh, kemungkinan besar tubuh akan terkontaminasi bakteri seperti E.Coli dan Salmonella. Kedua bakteri ini dapat menimbulkan penyakit seperti sakit perut, diare hingga muntaber.

Emang sayang banget sih kalau harus membuang makanan. Tapi kita tetap perlu mementingkan kesehatan kita ya!

Beri Komentar