Makan Larut Malam Bikin Badan Gendut. Mitos atau Fakta?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 28 Desember 2019 13:07
Makan Larut Malam Bikin Badan Gendut. Mitos atau Fakta?
Beberapa program diet malah menyarankan kita buat mengganti makan malam dengan buah-buahan.

Beberapa dari kamu pasti pernah menemukan diri sendiri lagi ngubek-ngubek kulkas mencari apa yang bisa dimakan. Mungkin akhirnya kamu menyerah dan bikin mie instan, atau malah sudah sengaja menyiapkan camilan untuk bekal begadang?

Lalu, benar nggak ya aklau makan larut malam bisa bikin gendut? Dikutip dari laman washingtonpost.com, Joy Dubost, juru bicara Academy of Nutrition and Dietics menyebut bahwa yang namanya kalori tetaplah kalori nggak peduli kapan kamu memakannya. Namun, waktu makan ternyata punya potensi terhadap dampak konsumsi kalori tersebut pada tubuh.

Sebuah penelitian membuktikan kalau makanan yang kita makan pada tengah malam atau setelah lewat jam makan malam, bakalan tersimpan di tubuh sebagai lemak. Alih-alih membakarnya sebagai sumber energi, lemak tersebut bakalan menambah berat badan kamu lho.

Pada hewan, makanan yang dikonsumsi di waktu yang berbeda dalam sehari bakalan diproses secara berbeda. Hal ini bisa karena fluktuasi suhu tubuh, reaksi biokimia, kadar hormon, aktivitas fisik dan penyerapan makanan.

Masih belum jelas memang mana yang paling penting untuk diperhatikan saat udah pengen banget makan malam. Apakah jenis makannnya atau jumlahnya? Namun orang-orang memang cenderung buat makan makanan yang berkalori tinggi waktu mereka sedang merasa capek atau kudu begadang semalam.

Dua penelitian di tahun 2013 yang melibatkan 420 orang dengan berat badan berlebih membuktikan, mereka yang makan sebelum jam 3 sore ternyata mampu menurunkan berat badan lebih banyak ketimbang mereka yang makan setelah itu. Jadi, bener kan kan makan lebih larut bikin makin gendut?

Beri Komentar