Lucinta Luna Positif Memakai Benzo, Apa Itu?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 12 Februari 2020 07:56
Lucinta Luna Positif Memakai Benzo, Apa Itu?
Benzo atau Benzodiazepin merupakan obat yang termasuk golongan psikotropika.

Belakangan ini, Lucinta Luna membuat media sosial rame jadi perbincangan. Nah, kemarin dini hari, Lucina Luna bersama tiga temannya ditangkap karena kasus penggunaan narkoba.

Setelah Polres Metro Jakarta Barat menjalani tes urine pada mereka berempat, Lucinta Luna positif memakai Benzo.

"Tes Urine inisial LL positif mengandung Benzodiazepin, itu masuk ke dalam golongan psikotropika," ucap Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya.

1 dari 3 halaman

Nah, apa sih Benzo ini?

Ilustrasi Benzo © Diadona

Benzo merupakan sebutan singkat dari benzodiazepine. Dijelaskan dari Aladokter, benzo merupakan obat sedatif untuk menenangkan pikiran dan melemaskan otot-otot.

Bahkan menurut Medical News Today, Benzo bisa mengurangi kecemasan sampai kejang-kejang. Di Amerika Serikat, obat ini banyak diresepkan untuk para pasien, terutama yang umurnya sudah tergolong tua.

Benzo pun ada beberapa jenis lainnya, sebut saja alprazolam, chlordiazepoxide, clorazepate, diazepam, estazolam, flurazepam, oxazepam, temazepam, dan juga triazolam.

2 dari 3 halaman

Makanya karena sifatnya yang memperbaiki keadaan psikis, Benzo atau benzodiazepine ini termasuk golongan psikotropika. Psikotropika adalah zat kimia yang mengubah fungsi otak dan menghasilkan perubahan dalam persepsi, suasana hati, kesadaran, pikiran, emosi, dan perilaku.

Benzo biasanya diberikan untuk pasien yang memang mengalami masalah-masalah berkaitan, dan digunakan saat memang benar-benar dibutuhkan untuk urusan medis. Misalnya untuk menenangkan pasien saat mau operasi, dan lain sebagainya.

3 dari 3 halaman

Namun jika digunakan untuk jangka pajang, maka bisa menjadi ketagihan dan ketergantungan, dan sangat berbahaya pada tubuh.

Akibatnya bisa koma, bahkan kematian. Apalagi, karena benzo ini sering disalahgunakan, jika dikonsumsi berbarengan dengan alkohol. Dampaknya akan semakin mengerikan.

" Bisa langsung menembus sawar otak," jelas Aluwi Nirwana Sani, Wakil Sekjen Ikatan Apoteker Indonesia, kepada Liputan6.

Beri Komentar