Lihat Orang Makan Jadi Ikutan Laper, Ini Gimana Nahannya Sih!

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 13 Maret 2020 11:26
Lihat Orang Makan Jadi Ikutan Laper, Ini Gimana Nahannya Sih!
Bener banget nih, apalagi kalau udah nonton Food vlogger.

Normalnya setelah makan tuh kita merasa kenyang. Apalagi kalau makan porsi besar, kenyangnya banget-banget deh tuh. Kalau sudah makan gini, harusnya kita baru merasa laper lagi setelah tiga hingga empat jam setelahnya.

Tapi kamu pernah nggak sih, udah makan banyak tapi habis itu ngelihat orang makan. Kok keliahatannya enak banget ya, jadi laper lagi gitu. Pengen ikutan makan juga! Suka heran nggak sih?

Bisanya sih kalau saya nonton video-video food vlogger. Ampun deh, mau sekenyang apa juga rasanya tetep aja pengen ikutan makan. Ini sebenernya perut kita kenapa ya?

1 dari 3 halaman

via GIPHY

Hormon ghrelin dilepaskan ketika mata terdapat rangsangan visual. Hormon ini di produksi di perut dan bertanggung jawab menciptakan nafsu makan. Ia akan mengirimkan sinyal pada otak untuk memberikan pesan pada kita jika kita merasa lapar sekketika. Jadi ketika kita melihat orang makan, hormon ini akan segera dilepaskan ke aliran darah dan menyebabkan kita jadi lapar.

Selain itu, dilansir dari aaptiv.com, ketika makan kita sering kali nggak memperhatikan kandungan apa saja yang kita makan. Makan yang asal-asalan ini bisa jadi cuma mengandung karbohidrat di sebagian besarnya. Karbo, karbo, karbo terus pokoknya kenyang deh.

2 dari 3 halaman

ilustrasi mukbang © Diadona

Ih ini nggak bener lho. Padahal kan tubuh kita juga butuh nutrisi lain. Kalau kita masih bisa merasa lapar padahal udah makan, ini pertanda kalau makanan yang baru aja dimakan tuh nggak memenuhi nutrisi yang dibutuhin tubuh.

Kekurangan protein dan serat adalah salah satu yang menjadi alasan terbanyak. Protein bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi telur, dada ayam, udah, ikan tuna hingga udang. Sedangkan serat bisa kamu dapatkan dengan makan biji-bijian, roti, gandum, dan buah-buahan.

Nggak cuma itu, kamu bisa juga masih merasakan lapar karena kurang air putih loh. Cara mudah kamu udah minum cukup air atau enggak adalah dengan melihat warna air seni. Kalau warnanya pucat maka kamu sudah meminum cukup air, sedangkan jika warnanya kental, maka kamu kurang air putih.

3 dari 3 halaman

via GIPHY

Jadi ada beberapa alasan yang bisa menyebabkan kita merasa laper ketika lihat orang makan. Faktor hormon ghrelin, kurang protein, serat atau bahkan kurang air putih.

Udah ya, jangan salahin orang yang makan didepan kamu lagi lho!

Beri Komentar