Leukimia adalah Kanker Darah, Berikut Gejala, Penyebab dan Perawatannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 6 September 2021 19:50
Leukimia adalah Kanker Darah, Berikut Gejala, Penyebab dan Perawatannya
Penyeba leukimia masih belum diketahui, namun yang pasti ini akibat kombinasi DNA dan lingkungan

Leukimia adalah kanker darah yang ditandai dengan meningkatnya jumlah sel darah putih pada tubuh. Sel darah putih ekstra ini nggak bekerja dengan benar. Akhirnya, sel-sel darah putih itu mengeluarkan sel darah merah dan trombosit yang dibutuhkan untuk tubuh agar tetap sehat.

Dalam kondisi normal, sel darah putih berfungsi sebagai penangkal infeksi. Mereka biasanya tumbuh dan membelah secara teratur tergantung pada kebutuhan. Tapi pada pasien leukimia, sumsum tulang yang menghasilkan sel darah puih yang abnormal dan nggak berfungsi dengan baik.

Seberapa parah penyakit ini dan apakah bisa diobati? Tentu bisa. Perawatan yang diberikan tergantung pada jenis leukimia dan banyak faktor lainnya, dikutip dari laman Mayo Clinic. Seperti apa penjelasannya yuk simak dulu artikel Diadona berikut ini.

1 dari 4 halaman

Leukimia adalahLeukimia adalah © 2021 statics-cuidateplus.marca.com

Leukemia juga diklasifikasikan menurut jenis selnya. Leukemia yang melibatkan sel myeloid disebut leukemia myelogenouss. Ini adalah sel yang sel darah yang belum matang yang biasanya menjadi granulosit atau monosit. Sedangkan leukemia yang melibatkan limfosit disebut leukemia limfositik.

Klasifikasi penyakit ini juga berdasarkan pada kecepatan tumbuhnya penyakit.

Leukimia Akut

Pada leukimiaini, sel darah abnormal adalah sel darah yang belum matang (blast). Mereka nggak bisa menjalankan fungsi normalnya, selian itu mreka juga berkembang biak dengan capet sehingga penyakit juga memburuk dengan cepat pula.

Leukimia Kronis

Leukimia ini memiiki beberapa jenis. Diantaranya aa yang menghaslkan terlau banyak sel dan beberapa diantaranya menghasilkan terlalu sedikit sel yang diproduksi. Penyakit ini terjadi pada sel yang lebih matang. Mereka bereplikasi dan menumpuk secara lambat.

Dan jenis leukimia adalah:

Leukemia myelogenous akut (AML)

Ini merupakan jenis leukimia yang paling umum dan bisa terjadi pada anak-anak serta orang dewasa. Sayangnya, tingkat keberlangsungan hidup selama lima tahun untuk kanker berikut yakni hanya 26.9 persen.

Leukemia limfositik akut (ALL)

Sebagian besar penderitanya adalah orang dwasa dengan tingkat keberlangsungan hidup lima tahun untuk jenis leukimia ini adalah sebesar 66.9 persen.

Leukemia myelogenous kronis (CML)

CML sebagian besar terajdi pada orang dewasa dengan jumlah kasus baru yang lebih sedikit ketimbang AML dan ALL. Rata-rata pasien memiliki tingkat keberlangsungan hidup selama lima tahun sebanyak 66.9 persen.

Leukemia limfositik kronis (CLL)

Kebanyakan penderita CLL merupakan orang di atas umur 55 tahun dengan jumlah sekitar 20 ribu kasus baru setiap tahun. Syukurnya, tingkat keberlangsungan hidup selama lima tahun untuk CLL yakni 83.2 persen.

2 dari 4 halaman

Gejala Leukimia

Leukimia adalahLeukimia adalah © 2021 National Cancer Institute on Unsplash

Penderita leukimia mengalami gejala yang berbeda tergantung pada jenis leukimia yang diderita. Tapi secara umum, gejala leukimia adalah:

  • Demam atau kedinginan
  • Kelelahan terus-menerus, kelemahan
  • Infeksi yang sering atau parah
  • Penurunan berat badan tanpa alasan
  • Pembengkakan kelenjar getah bening, pembesaran hati atau limpa
  • Mudah berdarah atau memar
  • Mimisan berulang
  • Bintik-bintik merah kecil di kulit (petechiae)
  • Keringat berlebihan, terutama di malam hari
  • Nyeri tulang atau nyeri tekan

Gejala leukimia seringkali nggak jelas dan spesifik. Banyak pasien yang mengabaikannya dan terlambat memeriksakan diri ke dokter sebab tanda leukimia kadang hampir sama seperti flu atau penyakit umum lainnnya.

3 dari 4 halaman

Virus Sebabkan Penyakit Leukimia?

Sayangnya hingga kini ilmuwan masih nggak tahu nih apa penyebab leukimia. Namun tampaknya penyebab leukimia adalah kombinasi dari faktor lingkungan dan juga genetika.

Kemungkinan, leukimia muncul karena adanya mutasi yang terjadi pada beberapa sel dari dalam materi genetika atau DNA. Tahu kan apa itu DNA? Yakni sel berisi instruksi yang yang ngasih tahu sel tubuh tentang apa yang harus mereka lakukan. Normnalnya nih DNA bakalan ngasih tahu sel kapan tumbuh dengan kecapatan berapa trus nentuin kapan sel itu mati. Nah, pada leukimia, mutasi bikin DNA ngasih tau sel buat terus tumbuh.

Yup, secara umum ini sama dengan penyebab kanker lainnya.

Akhirnya, sel darah menjadi tumbuh tak terkendali. Seiring waktu sel abnormal ini menekan sel yang sehat di sumsum tulang. Sel darah putih, sel darah merah dan trombosit yang sehat, tersingkirkan. Dan karena jumlah sel darah putih yang abnormal ini banyak banget, maka ini mulai mempengaruhi cara kerja organ. Seiring waktu, tubuh nggak lagi memiliki sel darah merah yang cukup buat memasok oksigen, trombosit buat membekukan darah dan sel darah putih yang normal buat menghalau infeksi.

4 dari 4 halaman

Perawatan Leukimia

Leukimia adalahLeukimia adalah © 2021 Adam Niecioruk on Unsplash

Perawatan yang diberikan kepada pasien akan tergantung pada jenis leukimia yang diderita, seberapa jauh menyebaran dan sebarap sehatkan penderitanya, melansir Web MD. Beberapa pilihan yang bisa diambil sebagai perawatan leukimia adalah:

  • Kemoterapi
  • Radiasi
  • Terapi biologis
  • Transplantasi sel induk
  • Operasi

Leukimia adalah kanker darah dengan tingkat kesembuhan tergantung pada jenis dan banyak faktor lainnya. Bila kamu atau orang terdekatmu sedang berada dalam kondisi ini, please segera lakukan pengobatan sesuai dengan anjuran dokter.

Beri Komentar