Kondisi Perutmu Berperan Besar dalam Pengambilan Keputusan, Bagaimana Mungkin?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 12 Februari 2020 00:01
Kondisi Perutmu Berperan Besar dalam Pengambilan Keputusan, Bagaimana Mungkin?
Nyangka nggak, kalau kondisi perutmu itu bisa mempengaruhi baik atau buruknya keputusanmu?

Penyesalan emang dateng belakangan. Dalam hidup, kita harus bisa mengambil keputusan dengan bijak, bahkan saat berbelanja: misalnya untuk memilih baju mana yang sebaiknya kita beli. Atau, untuk hal-hal yang lebih besar demi masa depan yang cerah.

Tapi tahu nggak, kalau ternyata kondisi perutmu termasuk apa yang kamu makan itu bisa memengaruhi pengambilan keputusanmu?

 

1 dari 3 halaman

Hormon Serotin

Times of India memublikasikan sebelumnya, ada sebuah penelitian di cambridge University di Inggris, yang mengungkapkan bahwa hormon serotonin berperan penting dalam proses pengambilan keputusan.

Serotonin adalah hormon yang membantu suasana hati kamu tetap stabil, dan kestabilan kesejahteraan perasaan kamu. Serotorin mengirim sinyal ke sel saraf dan trioptofan, yang terbuat dari asam amino esensial.

Makanya, sebelum menentukan pilihan, apalagi yang nantinya akan berpengaruh besar dalam hidupmu, usahakan untuk memakan makanan yang mengandung banyak asam amino. Sebagai pilihan, kamu bisa memakan daging merah, sup ayam, cokelat, kacang-kacangan, ikan tuna, dan pisang.

2 dari 3 halaman

Jangan sekali-sekali ambil keputusan saat lapar

Ilustrasi Wanita Lapar © Diadona

Kalau kamu dalam kondisi lapar, sebaiknya kamu tunda dulu untuk mengambil keputusan. Sebab, keadaan lapar nggak ada baik-baiknya dalam proses pengambilan keputusan.

Ketika kamu lapar, tingkat triptofan akan menurun, dan kamu pun akan cenderung ceroboh, bahakan agresif dan impulsif.

Sebuah penelitian juga pernah dilakukan di Fakultas Psikologi di Univerty of Dundee. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa seseorang cenderung mengambil keputusan yang buruk saat mereka dalam kondisi lapar.

 

3 dari 3 halaman

Nah, daripada nyesel belakangan, jangan sampai kamu mengambil keputusan saat lapar, ya. Makan makanan yang juga mengandung

Beri Komentar