Kiat Sederhana Meredakan Kecemasan dengan Mengunyah Permen Karet

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 2 Januari 2020 15:09
Kiat Sederhana Meredakan Kecemasan dengan Mengunyah Permen Karet
Ketika kecemasan melanda, kamu nggak perlu ambil ribet. Mengunyah permen karet bisa menjadi solusinya, lho!

Setiap orang memiliki tingkat kecemasan yang berbeda. Begitu pula dengan bagaimana cara mereka menguranginya. Bahkan, nggak sedikit juga yang akhirnya memutuskan untuk pergi ke psikolog. Selain membuktikan keniatannya, hal tersebut juga membuktikan bahwa kecemasan memang sangatlah menganggu.

Tapi tahukah kamu, bahwa ternyata mengurangi kecemasan dapat dilakukan dengan cara-cara sederhana, seperti halnya dengan mengunyah permen karet.

Andrew Scholey, Ph. D, seorang profesor Ilmu Perilaku dan Otak di Swinburne University Melbourne, melakukan sebuah penelitian mengenai efek mengunyah permen karet terhadap penghilang stress, fokus, dan konsentrasi.

Hasil yang dipublikasikan di EurekAlert (10/12) mengungkapkan bahwa mengunyah permen karet yang dilakukan oleh 40 partisipan dapat mengurangi kecemasan dan stress, meningkatkan kewaspadaan, dan meningkatkan kinerja mereka.

Penelitian lain juga mengatakan bahwa dalam 14 hari, seseorang yang mengunyah permen karet setidaknya dua kali sehari memiliki tingkat kecemasan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan yang nggak mengunyah, seperti yang dimuat dalam Greatist (10/12).

Dijelaskan juga bahwa sekadar 'mengunyah' permen karet nggak bisa dikatakan dapat mengurangi stress begitu juga. Kemungkinan besar hal ini juga dipengaruhi oleh aroma dan rasa yang terdapat dalam permen karet tersebut. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa permen karet beraroma (dan berasa tentunya) dapat mengingkatkan gairah otak dan mood.

 

Mulai sekarang, jangan ragu untuk menyiapkan beberapa permen karet yang kamu suka di kantong celanamu. Ya, untuk berjaga-jaga kalau aja kecemasan datang menyerangmu suatu waktu. Kamu gimana kalau mengatasi kecemasan? Yuk, berbagi di kolom komentar!

 

Beri Komentar