Kesel, Cuma Ngiris Bawang Doang Kenapa Pakai Nangis Sih?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 5 Maret 2020 14:24
Kesel, Cuma Ngiris Bawang Doang Kenapa Pakai Nangis Sih?
Ini nih yang jadi problematika setiap ngiris bawang.

Bawang-bawangan emang jadi salah satu bahan utama dalam perbumbu-bumbuan di menu masakan indonesia. Tapi bawang suka bikin kesel kita yang ngirisin.

Setiap berhubungan sama bawang pasti udah siap-siap mata pedih. Mulai dari ngupas, sampai akhirnya ngirisin bawang. Nggak kuat, tiba-tiba keluar gitu aja si air mata ini.

Tau nggak penyebabnya apa?

Ternyata,dilansir dari sciencenewsforstudents.org, pada saat kita mengiris bawang, senyawa bersulfur yang terkandung dalam bawang akan menguap ke udara dan mengalami perubahan jadi asam sulfenat yang nggak stabil.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Bawang Merah © Diadona

Nah gas yang menguap ini pasti akan mengenai mata, ia dapat mengiritasi kelenjar lakrimal yang ada di mata. Akhirnya mata mengeluarkan air mata sebagai bentuk pertahanan atas kelenjar yang teriritasi ini.

Tapi nggak semua orang akan mengalami hal ini kok. Penyebabnya adalah karena setiap orang memiliki tingkat kesensitifan kelenjar lakrimal yang berbeda.

2 dari 2 halaman

Kalau kamu ingin mengurangi efek 'menangis' dari bawang ini, kamu dapat memasukkannya ke dalam kulkas terlebih dahulu, atau merendamnya dengan air dingin. Suhu yang lebih rendah dapat mengurangi gas yang bisa dikeluarkan bawang.

Jadi itu sebabnya kita menangis ketika mengiris bawang. Tapi ini bisa jadi alasan juga lho. Kalau baru putus cinta kamu menangis dan ada yang bertanya, bilang aja " nangis habis iris bawang!" Haha!

Beri Komentar