Kepala Suka Pusing pas Lagi 'Dapet'? Begini Penjelasannya

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 30 Januari 2020 10:00
Kepala Suka Pusing pas Lagi 'Dapet'? Begini Penjelasannya
Kadang, kita sebagai wanita suka heran. Di setiap lagi 'dapet', kepala suka pusing gitu.

Jadi wanita memang berat. Sebab, di setiap bulannya kita harus merasakan masa haid atau yang biasa kita sebut dengan lagi 'dapet', atau bahasa umumnya adalah mesntruasi.

Saat mens, kita sebagai wanita pasti merasa sangat menderita. Perut nyeri, kram, apalagi saat tertawa, padahal momennya lagi happy-happy.

Selain itu, salah satu gejala yang kadang timbul pada kita wanita yang lagi 'dapet' adalah kepala suka pusing. Ya nggak, sih? Kalau udah gini, mau ngapa-ngapain jadi males, deh.

1 dari 2 halaman

Reaksi Tubuh

Kebanyakan dari kita ketika mengalami pusing pas lagi 'dapet' menganggapnya sebagai gejala mens biasa. Padahal, menurut Dr. Peter Wiess kepada Woman's Day, seorang dokter spesialis kandungan di Rodeo Drive Women's Health Clinic, kamu nggak sebaiknya mengabaikan gejala tersebut begitu saja.

Namun, kira-kira, kenapa kepala kita jadi pusing mendadak begitu saat kita lagi 'dapet', ya?

Dr. Holly Rass Miller, seorang dokter specialis kandungan bersertifikat, menjelaskan kepada Woman's Day bahwa kalau pusing pas lagi 'dapet', kita nggak usah khawatir.

Sebab, ketika rahim berkontraksi, ada kemungkinan reaksi sekunder pada tubuh yang terjadi dalam waktu singkat. Misalnya, pusing.

Namun, yang perlu diingat, pusing yang terjadi pada dirimu sangatlah singkat, yaitu hanya beberapa detik. Jika berlangsung lama misalnya, sebaiknya kamu segera periksa ke dokter.

2 dari 2 halaman

Anemia

Selain itu, pusing ketika mens juga bisa disebabkan karena kita kekurangan darah, atau yang disebut dengan anemia. Darah dalam tubuh kita keluar, sementara tubuh nggak memproduksi cukup sel darah merah untuk didistribusikan ke seluruh tubuh.

Selain pusing berat, hal yang dapat terjadi karena kekurangan darah saat mens bisa menjadi kesulitan berkonsentrasi, bahkan sesaknya napas.


Nah, jadi intinya, kalau pusingnya sebentar, itu cuma karena reaksi tubuh saja pas lagi 'dapet'. Tapi, bisa juga karena kekurangan darah. Kamu sebenarnya nggak perlu khawatir, tapi nggak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter.

Semoga bermanfaat, ya!

 

 

Beri Komentar