Kenapa Ada Orang yang Bisa Ngomong saat Tidur?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 13 Agustus 2020 14:27
Kenapa Ada Orang yang Bisa Ngomong saat Tidur?
Lagi nggak sadar padahal.

Kita pasti sering mendengar istilah mengigau. Ya, ini adalah istilah untuk seseorang yang berbicara padahal lagi tidur. Tentu saja mereka berbicara secara tidak sadar. Tetapi, kira-kira kenapa ya hal ini bisa terjadi?

1 dari 4 halaman

Somniloquy

Ternyata, melansir dari Sleep Foundation, mengigau disebut dengan somniloquy dan termasuk sebagai gangguan tidur yang disebut dengan parasomnia. Ngomongnya pun macam-macam. Bisa seakan-akan sedang mengobrol sama seseorang, bicara dengan sendiri, atau bahkan gumaman nggak jelas.

Somniloquy ini jarang terjadi untuk kebanyakan orang. Kejadiannya pun berlangsung singkat, nggak ada tuh yang ngomong sepanjang dia tidur.

Jika kebanyakan parasomnia terjadi hanay selama bagian tertentu dari siklus tidur, mengigau bisa terjadi selama rapid eye movement atau gerakan mat cpat. REM atau tidur non-REM.

2 dari 4 halaman

Gejala Sleep Talking atau Mengigau

Tentu saja gejala pertama mengigau adalah berbicara tanpa disadarinya. Banyak orang mengigau juga berbicara dengan kata-kata yang tak jelas dan dimengerti. Tau kan? Kayak mau ngomong tapi tertahan jadi terdengar kayak erangan saja.

Ada juga yang mengigau seakan-akan lagi ngobrol sama seseorang, jadi bahasana bisa dimengerti oleh orang lain.

Banyak juga yang mengigau dengan kata-kata kasar dan negati. Ini seakan mencerminkan bahwa ada konflik yang terjadi tapi tak berhasil diungkapkan. Sebab jika diungkapkan di dunia nyata dan dengan sadar, bisa menyebabkan malu.

3 dari 4 halaman

Penyebab Mengigau

Para ahli masih belum yakin dengan penyebabnya. Kemungkinan besarnya karena faktor genetik yang diturunkan dalam keluarga.

Namun, bisa juga karena sedang memiliki kondisi mental yang tidak sehat. Stres, misalnya. Maka dari itu, untuk mengurangi kemungkinan mengigau, keadaan psikologis dan fisik sudah seharusnya dijaga dengan baik agar mendapatkan tidur yang berkualitas.

Banyak juga yang mengira orang mengigau karena bermimpi. Tapi melansir dari Web Md, nggak juga sih. Yang jelas, itu merupakan gangguan tidur atau gangguan kesehatan serius.

Dalam beberap kasus, mengigau bisa menjadi ekstrem. Gangguan dan juga teror tidur merupakan suatu kondisi yang menyebabkan beberapa orang berteriak ketika tidur.  Tak hanya berteriak, bahkan bisa sampai mempunyai tendangan dan pukulan yang menakutkan.

Beri Komentar