Kecanduan Handphone Sama Saja Kamu Pakai Narkoba, Kok Ngeri-Ngeri Sedap?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 27 Februari 2020 11:11
Kecanduan Handphone Sama Saja Kamu Pakai Narkoba, Kok Ngeri-Ngeri Sedap?
Berapa lama kamu bermain handphone dalam sehari?

Nggak bisa dipungkuri bahwa handphone sangatlah penting di zaman sekarang. Kemana-mana bawa handphone. Nampaknya, handphone sudah menjadi kewajiban untuk selalu ada pada diri kita. Ya, nggak?

Tapi, tentu penggunaan handphone ada batasnya. Kalau selalu memakai handphone setiap menitnya, bahkan detik, itu bisa jadi kamu sudah kecanduan.

Yang bikin ngeri adalah ternyata menurut sebuah penelitian yang dilansir dari Times of India, kecanduan handphone itu sama saja mematikannya dengan kecanduan narkoba.

1 dari 3 halaman

Hmm, gimana ya penjelasannya?

Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Addictive Behavior efek penggunaan handphone terhadap otak sama seperti seseorang memakai obat-obatan dan narkotika.

Penelitian tersebut melakukan pemindaian MRI otak yang terdiri dari 48 orang, 22 orang di antaranya kecanduan bermain handphone.

Hasilnya, para peneliti menemukan mereka yang kecanduan handphone mengalami perubahan fisik dan juga kepadatan otak, yang terkait dengan kecerdasan, penglihatan, kognisi, emosi, serta pengendalian diri.

Setelah diteliti lebih jauh, orang yang kecanduan handphone struktur otaknya berubah sama saja dengan mereka dengan penyalahgunaan obat-obatan alias pemakai narkoba.

2 dari 3 halaman

via GIPHY

Penelitian lain juga pernah dilakukan sebelumnya, rasa bahagia dan nyaman kecanduan handphone sama saja dengan kecanduan narkoba. Hal ini disebabkan melakukan kedua aktivitas tersebut sama-sama melepaskan dopamin dalam tubuh, yang membuat enak dan merangsang saraf. Akibatnya, rasa nyaman itu menjadi kecanduan terus-terusan yang nggak ada habisnya.

Pernah nggak kamu kerjaannya cuma scrolling handphone berjam-jam sambil rebahan? Ya begitu deh. Seperti halnya narkoba, handphone bakal mengambil alih kendeali otak kamu.

3 dari 3 halaman

Nah, coba tanyakan lagi ke diri kamu, seberapa sering kamu bermain handphone. Hampir 24 jam? Wah, kurang-kurangin deh ya, imbasnya ke otakmu lho!

Beri Komentar