Kaum Rebahan, Ayo Bangkit! 9 Cara Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Produktif, lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 3 Februari 2020 13:01
Kaum Rebahan, Ayo Bangkit! 9 Cara Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Produktif, lho!
Bilangnya sih pengin produktif, tapi kerjaannya rebahan mulu...

Siapa yang setiap hari kerjaannya masih rebahan terus? Walau rebahan emang enak dan nyaman banget, tapi hal ini nggak baik banget buat diri kamu. Hal ini bisa berimbas pada buruknya kesehatan badan dan otakmu, bahkan masa depanmu...

Nah, kalau kamu pengin berubah dan masih bingung gimana caranya biar produktif, tenang, kamu telah datang ke tempat yang tepat.

Kami telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara agar kamu bisa lebih produktif. Gulir ke bawah, yuk!

 

1 dari 10 halaman

1. Perencanaan yang Matang

Ilustrasi perempuan berpikir © Diadona

Sebelum tidur adalah waktu yang sangat tepat untuk merencanakan apa yang akan kamu lakukan. Seenggaknya, tulis 3 hal yang menurutmu paling pentin untuk dilakukan.

Kemudian, buat to-do-list lainnya untuk hari esok. Tapi, jangan cuma di-list aja, buat juga jadwal jam tepatnya. Buat sesimpel dan serealistis mungkin.

2 dari 10 halaman

2. Menentukan deadline

5 Makanan Penambah Energi untuk Tetap Fokus Sepanjang Hari © Diadona

Menentukan kapan kamu harus menyelesaikan tugas-tugas kamu, misalnya, akan membuatmu untuk terdorong untuk segera menyelesaikannya, bukan?

3 dari 10 halaman

3. Lacak Waktu Pekerjaanmu

Pekerjaan yang kamu kerjaan bisa saja selesai nggak tepat waktu seperti yang telah kamu rencanakan. Makanya, kamu perlu untuk melacak berapa lamu kamu mengerjakan sesuatu. Hal ini bisa membuat akan membuat dirimu semakin produktif dan lebih baik ke depannya.

4 dari 10 halaman

4. Istirahat sejenak

Ilustrasi Wanita Menarik Napas © Diadona

Kamu bukan robot. Nyatanya, butuhmu itu butuh istirahat yang cukup. Memaksakan tubuh terus bekerja nggak menjamin pekerjaan yang kamu lakukan bakal kelar cepet.

Istiharat sejenak, seperti tidur siang selama 15-20 menit misalnya, bisa meningkatkan kreativitas, konsentrasi, dan memori. Kalau udah begini, kamu pun akan semakin semakin produktif dalam menyelesaikan pekerjaan.

5 dari 10 halaman

5. Singkirkan Ponsel!

Ilustrasi wanita fokus © Diadona

Bermain ponsel emang bikin ketagihan. Apalagi kalau udah dimainin sambil rebahan, rasanya nggak mau berhenti. Lihat sosmed inilah, sosmed itulah. Kalau udah begini, waktumu hanya habis untuk bermain ponsel.

6 dari 10 halaman

6. Makan Makanan Sehat

Ilustrasi Makanan Sehat © Diadona

Pernah dengar kalimat 'kamu adalah apa yang kamu makan'? Dengan memakan makanan bergizi, itu berarti kamu telah memberikan bahan bakar yang bagus agar kamu menjadi seorang diri yang produktif. Produktivitas seseorang itu bergantung paa sistem kekebalan tubuh dan kesehatan yang baik.

7 dari 10 halaman

7. Olahraga di Pagi Hari

Ilustrasi Olahraga Lari © Diadona

Kamu bisa membuat olahraga di pagi hari sebagai rutinitasmu sebelum menjalani hari. Dengan melakukan hal ini, kamu akan mendapatkan energi yang cukup dan memompa semangatmu. Ya, 8-10 menit pun cukup.

8 dari 10 halaman

8. Tidur yang Cukup

Ilustrasi Bangun Tidur © Diadona

Jangan sampai kamu membiarkan dirimu begadang semalaman, itu hanya bikin kamu nggak fokus di keesokan harinya. Sebaliknya, mendapatkan tidur yang cukup bisa membuatmu lebih fokus dan efision saat mengerjakan sesuatu.

Dalam semalam, tidur yang ideal adalah mencapai 7 sampai 9 jam. Dengan mendapatkan tidur yang ideal, suasana hati pun akan meningkat, begitu pula dengan kreativitas, daya ingat, dan pengurangan stres.

9 dari 10 halaman

9. Fokus, Satu Demi Satu

ilustrasi wanita fokus membaca © Diadona

Sekali mendayung dua pulau pun terlampau? Pribahasa ini ngggak bisa kamu jadikan patokan.

Kamu harus fokus untuk menyelesaikan satu hal, lalu baru beralih untuk menyelesaikan hal lain. Kalau kamu mengerjakan beberapa hal sekaligus, kamu hanya akan bikin ribet, dan nantinya semua yang kamu lakukan bisa nggak ada yang terselesaikan.

10 dari 10 halaman

Nah, udah siap buat jadi pribadi yang produktif? Jangan cuma tahu aja caranya, cepat dilakukan, ya!

Semoga bermanfaat!

 

Beri Komentar