Kandungan dan Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil, Kesehatan, Pendamping Diet, serta Wajah

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 6 Januari 2020 12:56
Kandungan dan Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil, Kesehatan, Pendamping Diet, serta Wajah
Buah mangga adalah buah yang cukup familiar di Indonesia. Selain rasanya yang manis, buah ini mempunyai segudang manfaat untuk tubuh.

Siapa sih yang nggak kenal mangga? Buah dengan tekstur lembut dan memiliki rasa manis ini banyak dijumpai di Indonesia. Nggak banyak orang tahu lho kalau mangga nggak cuma sehat untuk tubuh saja. Tetapi buah ini juga baik untuk ibu hamil. Selain itu, buah ini juga dipercaya bisa untuk pendamping diet.

Nah, dalam artikel kali ini, kami akan membahas tentang mangga. Apa saja sih manfaat mangga? Daripada penasaran, yuk kita simak!

1 dari 5 halaman

Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Mangga memiliki nutrisi yang baik untuk kesahatan. Selain itu, buah yang tumbuh subur di daratan Indonesia ini memiliki manfaat untuk ibu hamil. Berikut ini manfaat buah mangga untuk ibu hamil.

1. Mendukung perkembangan janin

Manfaat buah mangga untuk ibu hamil yang pertama adalah bisa mendukung perkembangan janin. Mangga mengandung asam folat yang bermanfaat untuk membantu perkembangan dan pembentukan otak serta sumsum tulang belakan janin.

2. Mencegah anemia

Manfaat buah mangga untuk ibu hamil berikutnya adalah dapat mencegah anemia ketika persalinan. Ketika persalinan, bumil akan kehilangan banyak darah. Konsumsi rutin buah mangga ketika hamil akan mengurangi anemia. Kandungan zat besi yang tinggi pada mangga bisa membantu mencegah hal ini.

3. Mengurangi gejala morning sicknes

Manfaat buah mangga untuk ibu hamil berikutnya adalah mengurangi gejala mual. Untuk mengatasinya, konsumsi buah mangga dapat mencegah hal ini. Buah mangga memiliki vitamin B6 yang bisa membantu kamu mengurangi gejala morning sicknes.

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Ilustrasi Mangga © Diadona

Buah mangga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Berikut adalah beberaa manfaat untuk kesehatan kamu.

1. Mencegah kanker

Manfaat buah mangga untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mencegah kanker. Kandungan pektin dan serat yang ada dalam mangga efisien berkontribusi menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Pektin juga membantu mencegah perkembangan kanker prostat.

2. Menghilangkan sel kulit mati

Manfaat buah mangga untuk kesehatan ternyata dapat menghilangkan sel kulit mati. Alpha hydroxy acid (AHA) pada mangga merupakan eksfoliator kimia alami yang baik untuk kulit. Hal ini akan membantu menghilangkan kulit yang kusam dan kering serta membuat menjadi lebih sehat.

3. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat buah mangga juga baik untuk kesehatan pencernaan. Bahan bioaktif dalam mangga seperti ester, terpene, dan aldehid, berkontribusi dalam meningkatkan nafsu makan dan juga fungsi sistem pencernaan.

4. Menyembuhkan anemia

Manfaat buah mangga yang keempat adalah dapat menyembuhkan anemia. Seperti dijelaskan sebelumnya, buah mangga kaya akan zat besi untuk penderita anemia. Asupan yang teratur dapat membantu menghilangkan anemia dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Mangga untuk Diet

Ilustrasi Diet Makan © Diadona

Buah mangga termasuk dalam buah yang kaya akan kandungan serat sehingga dapat membuat perut terasa kenyang dalam waktu yang lama. Ini cocok untuk dijadikan camilan saat kamu sedang merasa lapar namun ingin mengurangi porsi makanan. Selain itu, kandungan dalam buah mangga juga mendukung proses pembakaran kalori dalam tubuh.

Buah mangga mengandung phytochemical yang bisa membatasi sel-sel lemak dari perluasan. Proses ini akan mencegah bertambahnya berat badan. Dengan begitu buah mangga sangat efektif untuk diet.

Namun perlu diperhatikan, untuk diet konsumsi buah mangga tetap tidak boleh sembarangan. Sebaiknya, jumlah asupan buah mangga tidak lebih dari 3 porsi. Selain itu, buah mangga juga tidak dianjurkan dikonsumsi dengan susu dan buah jeruk. Kemudian, pakar kesehatan merekomendasikan waktu terbaik untuk mengonsumsi mangga adalah pada separuh hari.

4 dari 5 halaman

Apa Kandungan dan Manfaat buah Mangga?

Buah mangga adalah buah yang mengandung banyak air dan memiliki berbagai gizi atau nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja sih kandungan yang ada dalam buah mangga?

Dalam setiap 100 gramnya, bauh mangga mengandung:

- Kalori: 60kcal
- Karbohidrat: 15g
- Air: 83,46g
- Protein: 0,82g
- Gula: 13,7g
- Serat: 1,6g
- Lemak: 0,38g
- Vitamin A: 7 persen
- Vitamin C: 44 persen
- Vitamin E: 6 persen
- Vitamin K: 4 persen
- Vitamin B1: 2 persen
- Vitamin B2: 3 persen
- Vitamin B3: 4 persen
- Vitamin B5: 4 persen
- Vitamin B6: 9 persen
- Vitamin B9: 11 persen
- Kalsium: 11mg
- Zat besi: 0,16mg
- Magnesium: 10mg
- Fosfor: 14mg
- Potassium: 168mg
- Sodium: 1mg
- Zinc: 0,09mg

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Mangga untuk Wajah

Ilustrasi Wajah Cantik © Diadona

Selain untuk kesehatan, buah mangga juga memiliki nutrisi yang baik untuk perawatan kulit. Sehingga buah mangga sangat bermanfaat untuk wajah. Apa saja sih manfaat buah mangga untuk wajah?

1. Mencegah jerawat

Manfaat buah mangga yang pertama adalah dapat mencegah jerawat. Kamu bisa mengoleskan bulir mangga pada kulit wajah untuk membersihkan pori-pori serta mencegah terjadinya masalah komedo dan jerawat. Ekstrak mangga akan menjaga kulit agar lebih sehat dengan membersihkan semua bakteri pada kulit.

2. Menyehatkan kulit

Manfaat bah mangga berikutnya adalah dapat menyehatkan kulit. Buah mangga memiliki nutrisi yang kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Kandungan vitamin C, A, B6, E, K, betakaroten, dan magnesium, selain menjaga kesehatan tubuh juga dapat menyehatkan kulit kamu.

3. Meredakan inflamasi pada kulit

Manfaat buah mangga selanjutnya adalah dapat meredakan inflamasi pada kulit wajah. Mangiferin yang ditemukan pada biji dan kulit buah mangga adalah antioksidan yang kuat. Antioksidan membantu meredakan peradangan akibat jerawat dan lain-lainnya.

4. Mendorong terbentuknya kolagen

Manfaat buah mangga yang keempat adalah dapat membentuk kolagen. Vitamin A dan C membantu menjaga sistem imun tubuh dengan menghasilkan protein kolagen. Kolagen merupakan asam amino yang membangun jaringan ikat tubuh.

5. Menunda penuaan

Manfaat buah mangga yang kelima adalah dapat menunda penuaan. Manfaat buah mangga dapat membantu menghasilkan kolagen yang dapat melindungi pembuluh darah dan jaringan ikat sehingga memperlambat proses penuaan alami.

Ternyata banyak ya, kandungan dan manfaat buah mangga untuk tubuh. Apakah kamu termasuk penggemar buah mangga? Silahkan komen di bawah ya. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar