Kamu Mengalami Sindrome 'Grass Is Greener'? Cari Tau Artinya dan Bagaimana Mengatasinya

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 23 Januari 2020 16:02
Kamu Mengalami Sindrome 'Grass Is Greener'? Cari Tau Artinya dan Bagaimana Mengatasinya
Sindrom "Grass Is Greener" adalah keadaan yang dirasakan oleh seseorang yang tidak menikmati hidupnya dengan apa adanya.

Apakah kalian termasuk orang-orang yang menghabiskan waktu dengan berharap kepada kehidupan orang lain dari penampilan, pekerjaan, sampai hubungan? Apa kalian benar-benar sudah merasa bahagia? Ataukah kalian mengalami Sindrom "Grass Is Greener"?

Dikutip dari Harleytherapy, Sindrom "Grass Is Greener" adalah keadaan yang dirasakan oleh seseorang yang tidak menikmati hidupnya dengan apa adanya, mereka akan mencari sesuatu yang lebih baik dari kehidupannya dengan mencemaskan dan memikirkan skenario lain di kehidupannya. Berikut beberapa tanda-tanda dan cara mengatasi dari Sindrom "Grass Is Greener".

1 dari 10 halaman

Tanda-Tanda Sindrom " Grass Is Greener" .
- Sering Mengeluh
- Kecenderungan menjadi perfeksionis
- Tidak merasakan nyaman dengan kebosanan
- Membuat keputusan impulsif
- Tidak dapat berkomitmen dengan banyak hal

Cara mengatasi dari Sindrom " Grass Is Greener" .

1. Sampingkan Rasa Ragu, Taku, dan Ketidakpastian

Ilustrasi Muka Cemas © Diadona
Kamu merasa bahwa apa yang sudah kamu miliki saat ini tidak sebagus dengan apa yang kamu dapatkan di lain waktu. Selalu membandingkan kehidupan ataupun hubungan kamu secara umum dengan orang lain, cobalah untuk menerima dengan baik mengenai kehidupan kamu saat ini, karena semua orang berhak mendapatkan kehidupan yang lebih baik tanpa harus membandingkan dengan orang lain.

2 dari 10 halaman

2. Terima Bahwa Kesempurnaan adalah Mitos

Ilustrasi Merenung © Diadona

Tidak ada kehidupan yang sempurna di dunia ini, bahkan seorang Beyonce juga memiiki kekurangan. Namun, kalau kamu terus mengejar kesempurnaan tidak akan pernah berakhir.
Seperti saat kamu mulai jatuh cinta dengan orang lain, kamu akan menurunkan berat badan sampai berhenti dari pekerjaan yang sudah membantumu sejauh ini.

3 dari 10 halaman

3. Melatih Rasa Terima Kasih dan Berpikir Positif

Ilustrasi Berpikir Positif © Diadona

Selalu terobsesi dengan kehidupan selama ini kamu anggap salah akan membuat semuanya menjadi negatif, cobalah untuk melihat yang lebih baik. Kalau kamu bersyukur, kamu akan menemukan nilai-nilai sebenarnya dari hal-hal yang sudah kamu miliki.

4 dari 10 halaman

4. Terlalu Sering Memikirkan Masa Depan

Ilustrasi Masa Depan © Diadona

Tanda klasik dari Sindrom " Grass Is Greener" ialah menghabiskan waktu terlalu banyak untuk memikirkan masa depan, cara-cara itu bisa membuat kamu lebih bahagia daripada sekarang, sehingga mengabaikan masa kini dan menjadi lebih sulit untuk menikmati saat-saat di depan mata.

Cobalah untuk bersenang-senang dan mulai menyadari bahwa kamu sudah memiliki apa yang kamu butuhkan untuk bahagia selama ini.

5 dari 10 halaman

5. Hadapi Ketakutan Secara Langsung

Ilustrasi Pemberani © Diadona


Seringkali ketidakpuasan yang kamu rasakan berasal dari masalah internal dan bukan karena faktor eksternal. Cobalah untuk memotivasi diri tanpa mengejar hal terbaik berikutnya dan pertimbangkan dengan mencari bantuan profesional untuk membantu kamu dalam memecahkan masalah.

6 dari 10 halaman

6. Jangan Mengeluh Secara Berlebihan

Ilustrasi Mengeluh © Diadona

Terkadang sebagian dari kita sering mengeluh karena kehidupan, tapi sangat tidak normal kalau sering mengeluh tentang segala hal dan setiap saat. Kalau kamu terus-menerus menemukan kesalahan dengan pekerjaan, perilaku pasangan, teman-teman, kamu perlu menyelesaikannya. Perlu di ingat, berhenti berusaha untuk merusak hal-hal kecil dalam kehidupanmu dengan fokus pada ketidaksempurnaan.

7 dari 10 halaman

7. Belajar Berpikir Seimbang

Ilustrasi Berpikir Positif © Diadona

Sindrom " Grass Is Greener" menyebabkan pikiran yang tidak sesuai berdasarkan kenyataan dan seringkali ekstrim, pikiran ekstrim ini akan mengarah pada perasaan negatif, tindakan negatif, dan menciptakan depresi. Untuk itu, cobalah mengubah pikiran negatif menjadi lebih bermanfaat.

8 dari 10 halaman

8. Tes Rasa

Ilustrasi Love Self © Diadona

Seringkali kita secara diam-diam lebih mencintai penyiksaan karena merasa gagal daripada memiliki sesuatu yang sebenarnya kita inginkan. Hentikan untuk merasa tidak enak dengan merasakan apa yang kamu inginkan sesegera mungkin yang seseuai dengan realitas.

9 dari 10 halaman

9. Bicarakan

Ilustrasi Berkomunikasi © Diadona

Bukan hanya dengan teman-teman atau orang-orang yang ada lingkungan kalian yang mungkin muak mendengar tentang kehidupan kamu yang dirasa tidak pernah cukup baik. Tapi dengan konselor atau psikoterapis, hal itu akan membantu kamu dalam menyelesaikan masalah untuk mengajari bagaimana cara mengubah prespektif dan mulai membuat pilihan untuk merasa lebih baik.

10 dari 10 halaman

10. Beralih Pola Pikir " Jika Hanya" ke Pola Pikir " Aku Akan"

Ilustrasi Merencanakan Sesuatu © Diadona

Setiap orang merasa nyaman dengan fantasi dan angan-angan setiap saat, tetapi dengan cara yang terus-menerus itu akan mengakibatkan kamu terjun kedalam Sindrom " Grass Is Greener" . Cobalah dengan melakukan hal-hal baru, seperti berpetualangan untuk merasakan kebahagiaan dalam diri.

 

Bagaimana apakah sudah siap membuat hidup kamu menjadi lebih baik tanpa membandingkan dengan kehidupan orang lain?

Beri Komentar