Kalau Udah Tua, Rambut Kemaluan Ikut Beruban Gak Ya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 26 Maret 2020 07:00
Kalau Udah Tua, Rambut Kemaluan Ikut Beruban Gak Ya?
Masa rambut kemaluan ikut jadi putih pas tua, ish...

Kita semua tahu bahwa rambut di kepala itu ketika tua, ya pasti dikit demi sedikit akan berubah menjadi putih, alias ubanan. Orang-orang setuju hal ini adalah hal wajar. Tapi pernah nggak kamu berpikir, rambut kemaluan juga ikut berubah ya kalau udah tua? Kamu pernah nanya kakek atau nenek kamu, nggak?

Kalau menurut sebuah artikel yang dilansir di Medical News Today, seperti halnya rambut di seluruh tubuh termasuk kemaluan, bisa berubah warna alias beruban.

1 dari 3 halaman

Hitamnya rambut kita ketika muda itu dikarenakan jumlah melanin kita yang hasilkan banyak. Tau melanin kan? Melanin adalah pigmen yang bertanggung jawab untuk memberikan warna pada kulit dan juga rambut.

Namun seiring bertambahnya usia dan menua, jumlah melanin yang dihasilkan berkurang, dan terus berkurang. Akibatnya? Pemberian warna terhadap kulit termasuk warna menjadi nggak maksimal. Bahkan untuk rambut sedikit-dikit memudar, dan terus memudar.

2 dari 3 halaman

Sedangkan melanin sendiri juga terdapat pada folikel rambut. Sialnya, semakin menua, folikel-folikel pada rambut juga akan mati. Melanin pun akan menjadi sedikit pada rambut.

Melanin berkurang dan folikel mati? Akhirnya warna rambut di seluruh tubuh pun memudar menjadi perak, abu-abu, atau putih, tak terkecuali dengan rambut kemaluan.

3 dari 3 halaman

Jadi, udah tahu kalau pas tua rambut kemaluan juga bisa ikut beruban. Kamu nggak usah kaget. Nggak perlu juga tanya sama kakek dan nenek kamu, soalnya kan kamu udah tau kan kenapa bisa begitu? Semoga bermanfaat, ya!

Beri Komentar