Kalau Ada yang Bilang 'Aku Nggak Papa Kok', Jangan Percaya Deh

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 25 Februari 2020 10:00
Kalau Ada yang Bilang 'Aku Nggak Papa Kok', Jangan Percaya Deh
Kamu juga harus jujur dengan perasaanmu sendiri lho.

Ketika kita sedang terlihat murung atau sedih, biasanya ada teman atau orang terdekat kita pasti akan segera bertanya "kamu kenapa?", dan pertanyaan ini biasanya kita jawab "Aku nggak papa kok."

Kalimat ini seharusnya berarti kalau tidak ada hal buruk yang terjadi bukan?

Dilansir dari mentalhealth, 2.000 orang dewasa tercatat mengatakan "aku nggak papa kok" sebanyak 14 kali perminggu. Namun hanya 19% diantaranya yang mengatakannya dengan serius.

Sebagian besar orang dewasa tidak mudah untuk mengungkapkan perasaan yang sebenarnya. 1 dari 10 mengatakan jika mereka selalu berbohong ketika adanya yang bertanya mengenai perasaan.

Padahal, nggak ada salahnya kok untuk mengakui apa yang sedang kita rasain. Kita juga nggak bisa terus menerus membohongi diri kita dengan kata-kata ini.

1 dari 1 halaman

Ilustrasi Sahabat © Diadona

Tapi kita juga nggak bisa sembarangan bercerita lho. Karena ternyata, 59% dari mereka yang bertanya memang mengharapkan jawaban bohong. Jadi mereka nggak benar-benar bertanya dengan serius mengenai keadaan kita.

Jika ada yang bertanya mengenai perasaan kita dengan sungguh-sungguh, maka kita perlu mengungkapkannya. 

Nggak baik lho kalau selalu memendam semuanya sendiri. Terkadang kita hanya terlalu sibuk dipikiran, padahal kenyataannya yang sebenarnya ngak serumit itu.

Hal ini nih yang akhirnya mengakibatkan munculnya perasaan anxiety, overthinking hingga mental disorder lainnya.

Jadi, segera ungkapkan bagaimana perasaanmu dengan orang yang kamu percaya ya!

Beri Komentar