Jangan Sembarangan, Tidur Menghadap ke Kiri Bisa Bahaya untuk Kesehatan, Lho!

Reporter : Mila
Sabtu, 4 Juli 2020 07:57
Jangan Sembarangan, Tidur Menghadap ke Kiri Bisa Bahaya untuk Kesehatan, Lho!
Kamu harus tahu faktanya!

Setiap makhluk hidup pastinya butuh tidur, terutama manusia. Tanpa tidur, manusia akan sulit fokus beraktivitas karena kelelahan dan kekurangan energi.

Oleh karena itu penting untuk memperhaikan kualitas tidur. Salah satu caranya dengan memperhatikan posisi tidur yang tepat.

Ngomong-ngomong tentang posisi tidur, pernah nggak sih kamu mendengar soal tidur menghadap ke kiri justru berbahaya bagi tubuh? Bener gak ya kira-kira? Daripada bingung, simak penjelasan di bawah!

1 dari 2 halaman

Berbahaya?

Bahaya Tidur Menghadap ke Kiri © Diadona

Seperti yang kita ketahui jantung letaknya ada di sebelah kiri rongga dada. Organ ini berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh, mendistribusikan oksigen yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh.

Karena terletak di sebelah kiri, banyak yang meyakini jantung akan terbebani ketika seseorang tidur menghadap ke kiri. Logikanya, jantung akan 'tertindih' organ-organ lain di dalam rongga dada.

Meskipun ada benarnya, namun hal ini belum bisa dipastikan.

" Tidak ada penelitian yang membahas tentang itu, dalam rekomendasi hidup sehatpun tidak pernah ada," ujar ahli jantung dr Aron Husink, Sp.JP.

2 dari 2 halaman

Bermanfaat

Bahaya Tidur Menghadap ke Kiri © Diadona

Tidur menghadap ke kiri justru bisa bermanfaat untuk kesehatan apalagi bagi orang-orang yang memiliki gangguan asam lambung.

Hasil studi The Journal of Clinical Gastroenterology, tidur menghadap ke kiri akan membuat sambungan antara perut dan kerongkongan tidak terbuka meskipun kadar asam lambung tinggi. 

Hal ini bisa membuat seseorang yang punya asam lambung tidur lebih nyenyak.

So untuk kamu yang selama ini salah paham karena menganggap tidur harus hadap kanan, itu gak sepenuhnya benar ya. Semoga informasi ini membantu!

 

Beri Komentar