Jangan Salah, Bahagia Justru Jurus Ampuh Cegah Corona

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 25 Maret 2020 08:45
Jangan Salah, Bahagia Justru Jurus Ampuh Cegah Corona
Sudahkah kamu bahagia saat ini? Jangan sampai lupa, ya!

Berbagai cara untuk mencegah dari pihak berwenang ada berbagai macam. Mulai dari menjaga kebersihan dengan seperti rajin sering mencuci tangan, menghindari tempat keramaian, dan tetap di rumah saja agar pencegahan penyebaran virus corona semakin efektif.

Ironisnya, berita-berita tentang Covid-19 nampaknya malah membuat kita semakin khawatir dan panik. Padahal di situasi yang saat ini, untuk mencegah virus corona, kuncinya adalah tetap bahagia agar selalu berpikir positif.

1 dari 3 halaman

Melansir dari Antaranews.com, seorang Pakar Kesehatan Mental di Universitas Brawijaya (UB) Malang dan juga Doctor of Clinical Psychology yang bernama dr. Sumi Lestari S. Psi., M.Si., menjelaskan rasa bahagia serta berpikir positif merupakan kunci penangkal serta mencegah virus corona.

Beliau menjelaskan ketika seseorang berada dalam keadaan bahagia, tubuh akan dengan sendirinya mepproduksi interferon-protein yang berguna untuk melawan macam virus serta meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

" Untuk memunculkan rasa bahagia di tengah situasi seperti saat ini bisa dilakukan dengan bersyukur. Kunci bahagia itu akan muncul pada diri ketika kita mampu bersyukur. Dengan bersyukur membuat hidup kita akan merasa tenang, nyaman, damai, dan bahagia tentunya," jelas dr. Sumi Lestari.

2 dari 3 halaman

Namun, mengingat adanya kebijakan sosial distancing, kebahagiaan lebih susah diraih. Sementara beliau menjelaskan, manusia adalah makhluk sosial. Bisa-bisa, sosial distancing bisa membuat seseorang merasa kesepian, kehilangan, dan perubahan mood. " Bahkan berpengaruh pada hormon oksitosin atau hormon cinta yang berdampak pada tingkah laku, respons emosi, juga terlihat dalam membangun ketenagnan, kepercayaan, dan stabilitas psikologi dan berperan mengatur ikatan sosial."

Tapi, tetap saja sosial distancing ini perlu dilakukan demi maksimalnya pencegahan penyebaran virus corona, bukan? Namun meski demikian, beliau berharap masyarakat agar tetap menjaga rasa kebahagiaannya karena kebahagian juga kunci untuk mencegahnya virus masuk ke dalam tubuh.

Dan tentu saja dibarengi dengan tindakan pencegahan lainnya, nggak cuma bahagia. Beliau mengimbau agar masyarakat selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, banyak konsumsi vitamin C atau apapun yang mengandung antioksidan agar sistem kekebalan tubuh terjaga, serta mematuhi kebijakan pemerintah agar tetap di dalam rumah.

3 dari 3 halaman

Jika sudah berusaha semaksimal mungkin, jangan lupa untuk bahagia dan berdoa! Ya, semoga corona ini cepat mereda dan berlalu, ya!

Beri Komentar