Heran Deh, Sering Tersedak Air Ludah Sendiri Tuh Kenapa Ya?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Rabu, 19 Februari 2020 11:22
Heran Deh, Sering Tersedak Air Ludah Sendiri Tuh Kenapa Ya?
Meski cuma tersedak, ternyata bisa jadi bahaya lho.

Banyak orang yang pernah atau bahkan sering tersedak air liur sendiri. Rasanya seperti air liur kita mengalir ke saluran yang salah, dan membuat kita kaget.

Tenggorokan sendiri letaknya berada tepat disebelah kerongkongan. Terdapat sebuah saluran yang bernama epiglotis yang berfungsi mencegah kita menelan makanan, air liur dan air secara bersamaan.

Namun, terkadang epiglotis ini nggak sepenuhnya menutup batang tenggorokan, jadi hal ini membuat kita menelan air liur dan air di saluran yang sama.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi lambung © Diadona

Nah, biasanya tersedak air ludah sendiri terjadi ketika kita sedang berbicara sambil menelan. Karena pada proses ini membutuhkan aliran udara, dan jika epiglotis tidak menutup sempurna maka ada pertemuan antara udara dan air liur di saluran yang sama dan hal ini akan membuat kita tersedak.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, ternyata sering tersedak lidah sendiri juga bisa terjadi sebagai gejala penyakit lain. Misalnya seperti disfagia, menurunnya kesehatan paru-paru, gangguan otak, refluks asam lambung hingga terlalu banyak minum alkohol.

2 dari 2 halaman

ilustrasi tersedak © Diadona

Sebenarnya tersedak air ludah sendiri memang bukan masalah yang serius, namun tetap saja menyebalkan setiap kali terjadi. Rasanya seperti sedang 'dikerjai' oleh badan sendiri.

Kamu mungkin dapat mencoba menerapkan beberapa tips untuk mencegahnya. Misalnya seperti menyendok makanan secukupnya, hati-hati saat rebahan sambil berbicara, dan hindari minum air sambil berbicara.

Jadi jangan menyepelekan hal kecil ini ya, apalagi kalau sering terjadi. Segeralah konsultasikan ke dokter, agar kamu mendapat perawatan lebih lanjut yang sesuai.

Beri Komentar