Hati-Hati, Salon Ternyata Juga Berpotensi Tularkan Covid-19, Lho!

Reporter : Prisma Difta
Minggu, 28 Juni 2020 15:45
Hati-Hati, Salon Ternyata Juga Berpotensi Tularkan Covid-19, Lho!
Wah, kok bisa?

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dokter Reisa Broto Asmoro mengingatkan pengelola jasa kesehatan kecantikan seperti salon, barbershop, atau tukang cukur rambut menerapkan protokol kesehatan. Pasalnya, salon berkontak langsung dengan pelanggan sehingga berpotensi menularkan virus corona.

Untuk itu, dia meminta pengelola jasa kesehatan dan kecantikan menjaga fasilitas dan pelayanan jasa tersebut tetap aman dari Covid-19. Salah satunya, dengan menyedikan sarana cuci tangan.

 

1 dari 3 halaman

" Bisa memakai sabun atau hand sanitizer di pintu masuk dan tempat lain yang mudah diakses oleh pelanggan atau pengunjung, dan mewajibkan semua orang yang akan masuk harus mencuci tangan terlebih dahulu," ujar dokter Reisa dikutip dari siaran pers, Minggu (28/6/2020).

Reisa juga meminta pengelola salon, barbershop dan jasa perawatan kecantikan lainnya melakukan pemeriksaan suhu tubuh baik kepada pelanggan ataupun pekerja di pintu masuk. Hal ini untuk mencegah penularan virus corona.

" Kalau ditemukan pekerja, atau pelanggan, atau pengunjung dengan suhu diatas 37,3 derajat Celcius, dan sudah diperiksa sebanyak 2 kali dengan jarak 5 menit di antara pemeriksaan, dan mereka memiliki gejala penyakit, maka tidak diperkenankan untuk masuk," jelasnya.

 

2 dari 3 halaman

Selain itu, pekerja wajib menggunakan alat pelindung diri, berupa masker, pelindung wajah atau face shield, pelindung mata, dan juga celemek saat melayani pelanggan. Pengunjung juga diminta tetap memakai masker selama perawatan berlangsung.

" Selanjutnya dianjurkan tidak ada peralatan yang digunakan secara bersamaan, seperti handuk, celemek, atau alat potong rambut, dan lain sebagainya," ucap dia.

Apabila alat dipakai berulang, maka harus dicuci menggunakan deterjen atau disterilkan dengan desinfektan. Dokter Reisa juga mengingatkan kepada para pelaku usaha jasa perawatan dan kecantikan agar selalu menjaga kualitas udara di tempat bekerja.

" Termasuk pembersihan filter AC dengan rutin, seperti pesan saya beberapa hari yang lalu," katanya.

 

 

3 dari 3 halaman

Dia juga menyarankan agar transaksi menggunakan pembayaran non-tunai atau cashless dengan memperhatikan desinfeksi untuk mesin pembayaran. Apabila harus menggunakan uang tunai, maka disarankan mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

" Nah, kalau harus bertransaksi dengan uang tunai, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, atau minimal menggunakan hand sanitizer setelahnya itu harus dibudayakan," tutur dokter Reisa.

Beri Komentar