Hal-Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Memulai Diet

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 3 Januari 2020 13:59
Hal-Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Memulai Diet
Tidak melulu tentang program diet apa yang kamu lakukan, namun kamu juga perlu memperhatikan hal-hal kecil dalam sebelum memulai diet berikut ini.

Tubuh merupakan salah satu hal utama yang menyebabkan seseorang dapat merasa insecure. Oleh sebab itu kiat mengenai diet tidak pernah habis untuk diulik. Terdapat berbagai jenis dan cara untuk melakukan diet, hal ini karena tiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam menurunkan berat badan.

Namun hal yang terpenting sebelum melakukan jenis diet mana yang ingin kamu lakukan, kamu perlu mengingat jika kesehatan badan merupakan hal yang terpenting.
Dilansir dari berbagai sumber, inilah hal-hal yang perlu kamu pastikan sebelum melakukan program diet.

1. Aktif Bergerak

Ilustrasi Lari


jika kamu tidak suka berolahraga dengan waktu yang lama, maka setidaknya kamu harus menggerakkan tubuh kamu. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan aktifitas seperti naik turun tangga, atau sekedar berjalan-jalan di sekitar rumah atau kantor. Mulailah lakukan hal-hal kegiatan yang kelihatannya remeh, misalnya parkir kendaraan dengan jarak yang tidak terlalu dekat dengan gedung sehingga kamu harus berjalan sedikit lebih jauh.

2. Minum Air Mineral

Ilustrasi minum air putih


Seperti yang kita tahu, air mineral sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan magnesium dan kalsiumnya dapat membantu metabolisme tubuh, meningkatkan kerja ginjal, membuat kulit tampak cerah dan membantu meningkatkan kerja otak. Selain itu banyak menkonsumsi air mineral juga dapat membantu menurunkan berat badan kamu. Sebelum makan cobalah minum satu gelas air mineral, sehingga perut kamu akan merasa lebih terisi dan akhirnya kamu akan mengurangi porsi makan kamu.

3. Hindari Snack dengan Kandungan Gula Tinggi

ilustrasi belanjaan makanan


Memakan cemilan memang hal yang susah untuk dihindarkan. Oleh sebab itu kamu perlu cermat dalam memilih camilan. Hindari snack yang memiliki kandungan gula tinggi. Jangan lupa untuk membaca tabel kandungan gizi yang ada pada setiap kemasan. Karena mengkonsumsi makanan yang mengandung gula berlebih dapat memicu resiko diabetes, kolestrol tinggi, kecanduan terhadap makanan manis, obesitas dan lainnya.

4. Perbanyak Frekuensi Makan, Kurangi Porsi Makan

Ilustrasi Wanita Sarapan


Banyak yang mengira jika dengan mengurangi frekuensi makan berat maka juga dapat mengurangi berat badan.
Nyatanya orang yang makan dengan porsi besar dalam sehari meskipun hanya sekali, malah justru dapat menambah masalah baru.

Kamu dapat mencoba dengan mengurangi porsi makan, seperti makan 3 sendok nasi beserta lauknya namun tetap pada frekuensi yang sama atau lebih sering. Jadi kamu tetap dapat makan sesuai jam makan kamu biasanya.

5. Berfikiran Optimis, Tentukan Target

Ilustrasi Wanita Mikir


Banyak yang menyepelekan hal ini.
Namun jika kamu berfikiran positif dan optimis kamu bisa menguruskan badan, maka secara tidak langsung pikiran tersebut akan membawa kamu pada hal-hal yang positif juga.

Nah itu dia hal-hal yang bisa kamu lakukan sebelum memulai diet. Jangan sampai kelewatan yah!

Beri Komentar