Habis Begadang Jangan Mandi Air Dingin, Bahaya Tau!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 12 Maret 2021 08:27
Habis Begadang Jangan Mandi Air Dingin, Bahaya Tau!
Kenapa ya? Bukannya malah bikin segar? Berikut penjelasannya.

Seseorang pasti ada kalanya mengharuskan dirinya begadang. Entah itu karena tugah kuliah, atau pekerjaan yang harus di selesaikan pada malam itu juga. Akibatnya, mereka pun mau tak mau harus menghabiskan satu malam penuh, bahkan tak tidur sampai pagi tiba. Ya, tanggung aja gitu, takut kebablasan malah kan kalau malah tidur.

Agar bisa segar, tentu mereka akan mandi biar semangat untuk memulai hari. Namun, banyak dari mereka yang menggunakan air dingin untuk mandi. Padahal, melansir dari Hellosehat.com, mandi pakai air dingin habis begadang itu bahaya lho!

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Begadang © Diadona

Ketika seseorang tidur di malam hari, tubuh cenderung memiliki suhu lebih rendah, hingga mencapai 36-35 derajat celsius. Di pagi hari sampai sori hari, badan bisa menjadi lebih panas, yaitu 37 celsius bahkan lebih. Namun jika tubuh tidak diistirahatkan pada malam hari alias tidur, tubuh akan tetap berada di suhu yang tinggi.

Jika habis begadang dan malah mandi air, berdasarkan dari laman BBC, tubuh bisa kaget. Sebab tubuh bisa jadi sedang dalam suhu yang tinggi, sehingga perubahan suhu yang ekstrem dan mendadak bisa berbahaya buat tubuh, apalagi untuk mereka yang punya masalah jantung dan sikulasi darah. Ujungnya malah bisa menyebabkan serangan jantung, bahkan stroke.

 

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Wanita Mandi © Diadona

Solusinya jika kamu memang harus bange begadang, mulailah hari dengan mandi air hangat. Biarkan tubuh menyesuaikan diri dengan suhu tersebut. Jika sudah, kamu bisa menghangatkannya lagi dengan berjemur di bawah matahari. Yang terakhir, tentu saja bisa dengan mengonsumsi kafein, biar mata melek dan tetap bertenaga, namun tentu dengan jumlah yang seharusnya.

 

Beri Komentar